Aktual, Independen dan Terpercaya


Di Riau Menteri Ini Klaim Seleksi CPNS Kementeriannya yang Terbaik

Menteri-Hukum-dan-HAM-RI-Yasonna.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Hamonangan Laoly mengklaim bahwa seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mereka lakukan di tahun 2018 merupakan seleksi terbaik dari penerimaan yang dilakukan oleh seluruh kementerian dan lembaga yang ada di RI.

"Dari pengakuan MenPANRB dan Ombudsman bahwa seleksi CPNS yang kita lakukan tahun ini merupakan seleksi yang terbaik," katanya di Gedung Daerah Pemprov Riau, Sabtu, 28 April 2018.

Menurutnya, sistem keamanan berlapis dalam penerimaan calon abdi negara itu menjadi penyebab utama diberikannya predikat terbaik kepada mereka. Sehingga, apa yang mereka lakukan menjadi rujukan untuk dapat dilakukan oleh kementerian dan lembaga lain di tanah air.

"Karena kita yang pertama melakukannya pada waktu yang lalu, itu semua menjadi rujukan dan akan diterapkan bagi kementerian dan lembaga lainnya yang ada," jelasnya.

Selain sistem yang berlapis, dalam penerimaan mereka senantiasa bersih, ketat, akuntabel dengan jumlah penerimaan yang tidak sebanding dari para pendaftar yang jumlahnya mencapai puluh ribuan.

"Karena dari 1.1 juta pendaftar, kita hanya menerima 1.6 persen dari jumlah itu. Total yang kita terima 17.526 orang-orang pilihan yang telah mengikuti proses yang ketat dalam waktu yang panjang," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, M. Diah mengatakan bahwa proses seleksi yang ketat itu dilakukan bertujuan hanya untuk membentuk tugas bagi para pengayom yang handal dan berkelas dunia.

"Ini semua bertujuan untuk membentuk tugas para pengayom yang handal dan berkelas dunia menjunjung tinggi tatanan yang ada," tegasnya.

Selama proses seleksi berlangsung, Kanwil Riau telah mendapatkan 641 PNS dari pelamar online sebanyak 28.647 dan yang mengirim berkas sebanyak 24.420 pelamar.