Hari Ini Debat Publik Cagub-Cawagub Riau, Ini Pembagian Segmennya..

Debat-kandidat-pilkada.jpg
(Hasbullah Tanjung)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau akan menggelar acara Debat Publik Pasangan Calon Cagub dan Cawagub Riau 2018 pada hari ini Jumat, 27 April 2018 di Hotel Labersa.

Ketua KPU Riau Nurhamin, mengungkapkan dalam acara debat tersebut, ada sekitar 6 Segmen yang akan diikuti oleh masing-masing Paslon.

"Kita akan awali dengan Segmen 1, dimana masing-masing calon akan menyampaikan visi dan misi mereka kepada para penonton," ungkap Nurhamin, Kamis, 26 April 2018.

Setelah masing-masing Paslon menyampaikan visi dan misinya, kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan dari tokoh masyarakat Riau, yakni Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Datuk Al Azhar.

"Datuk Al Azhar akan menyampaikan pertanyaan yang sama kepada setiap Paslon, saat salah satu Paslon menjawab, Paslon lain akan ditutup telinganya sehingga tidak bisa mendengar," jelas Nurhamin.

Lalu, pada segmen ke 3, 4 dan 5, masing-masing Paslon akan saling bertanya dan menjawab, dan pada segmen ini memang sengaja di panjangkan sebab akan ada sanggahan-sanggahan nantinya.

"Setiap pertanyaan akan diberi waktu untuk menjawab selama 1 menit dan 1,5 menit," pungkasnya.

Sedangkan pada segmen terakhir, Para Paslon akan diberi pertanyaan oleh Perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mulai dari LSM Difabel, mahasiwa, dan masyarakat pesisir.

"Ada juga dari perwakilan forum perlindungan wanita dan anak yang belakangan ini isunya cukup marak di Riau," tutur Nurhamin.

Saat debat berlangsung, Proporsi kamera juga akan dibagi secara adil, sehingga tidak ada perbedaan perlakuan antar masing-masing Paslon.

Dengan diadakannya debat ini, KPU mengharapkan partisipasi pemilih pada Pilgubri ini mampu membangkitkan partisipasi pemilih, sehingga angka partisipasi semakin meningkat.(2)