Aktual, Independen dan Terpercaya


Serentak se-Indonesia, KPU Siak Gelar Seni Budaya

Ketua-KPUD-Siak-Agus-Salim.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: Effendi

RIAU ONLINE, SIAK - Menyongsong satu tahun Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, tanggal 17 April 2019 dan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Siak taja Pagelaran Seni Budaya, Sabtu, 21 April di lapangan bola Kampung Dayun.

Pagelaran Seni Budaya di Lapangan Tuk Antan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait tanggal pemungutan suara Pemilu 2019, dan partai politik peserta Pemilu 2019.

Ketua KPUD Siak, Agus Salim mengatakan, pagelaran Seni Budaya ini merupakan pertunjukan Seni mulai dari musik dan teater dari berbagai komunitas.

“Melalui Pagelaran Seni Budaya ini, nantinya akan tercapai untuk membangun pemilih berdaulat guna menyukseskan Pemilu serentak 2019, ingat 17 April 2019 pemilu serentak,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini tentunya bertujuan untuk menekan angka golput dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 mendatang. Sekaligus untuk melestarikan kebudayaan.

Pagelaran Seni Budaya ini merupakan media sosialisasi untuk menyemarakkan, meramaikan dan mengumandangkan Pemilu khususnya di Siak. Kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dan sekaligus untuk meningkatkan peserta pemilih di Kabupaten Siak.

"Partisipasi masyarakat kabupaten Siak cukup rendah, itu terbukti dari Pilkada Bupati kemarin, hanya 60 persen saja," ujarnya.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesra Budhi Yuwono menyampaikan, ini merupakan pemilu serentak pertama dilaksanakan di Indonesia.

"Kita akan memilih anggota DPR RI, DPRD kabupaten dan Presiden kita, gunakan hak pilih kita sebagai warga negara Indonesia yang baik," ujar Budhi.

Budi menambahkan, mulai dari sekarang diharapakan masyarakat dapat mengingat jadwal atau waktu pelaksanaan pemilu tersebut. Selain itu ia mengimbau masyarakat berperan aktif memeriksa identitasnya sendiri dalam daftar pemilih.

"Masyarakat dapat mengecek di Kantor Penghulu atau bisa langsung di laman kpu.go.id untuk mengetahui apakah namanya sudah tercantum dalam daftar pemilih. Silakan lapor kalau perlu ada proses perbaikan," ujarnya.

Menurut Budhi, masyarakat dalam pemilu serentak ini sangat strategis, karena menentukan kepemimpinan 5 tahun kedepan. Selain menyalurkan hak pilihnya masyarakat juga bisa terlibat aktif dalam mengawasi proses pelaksanaan.

"Mari sama-sama kita sukseskan, awasi dan kita jaga keamanan dan ketertiban pemilu serentak yang akan datang," harapnya

Pada kegiatan ini, KPU Kabupaten Siak menyediakan banyak doorprize menarik dan akan dibagikan kepada masyarakat yang hadir pada kegiatan Pagelaran Seni Budaya tersebut.

Acara tersebut menampilkan berbagai tarian khas Riau, diantaranya Tari Persembahan, Tari Rentak Bulian, Tari Olang-olang, Tari Kreasi Melayu, Tari Tor-Tor, stand up comedy, hadroh, puisi, dan akustik.

Kegiatan tersebut didasarkan surat edaran oleh KPU RI Kepada ketua KPU Provinsi dan Ketua KPU/KIP Kabupaten/Kota, perihal Pelaksanaan Pagelaran Seni Budaya Menyongsong Pemilu Serentak 2019 dengan Nomor 356/PP.08-SD/06/KPU/IV/2018.

Tampak hadir, anggota DPRD Siak, Panwaslu Kabupaten Siak, Komisioner KPUD Siak, Kapolres Siak, Camat Dayun beserta Upika dan ratusan masyarakat Dayun.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id