Bupati Pelalawan Instruksikan Evaluasi Pejabat yang Layak Ganti, Isyaratkan Mutasi?

Bupati-Harris-Tinjau-Sekolah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Bupati Pelalawan, HM Harris menginstruksikan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan evaluasi terkait pejabat di instansi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan yang layak diganti.

Hal ini dilakukan terkait mutasi jabatan OPD di lingkungan Pemkab Pelalawan yang diumumkan Bupati Harris saat forum coffee morning pejabat, Senin, 16 April 2018.

Selain evaluasi, mutasi tersebut juga ditentukan berdasarkan kedisiplinan atau kehadiran serta loyalitas dalam menjalankan program kerja.

"Mutasi harus selesai sebelum puasa nanti," kata Harris.

Hasilnya akan diserahkan kepada Bupati Harris paling lambat pekan depan, dalam bentuk catatan khusus terkait para pejabat eselon III dan IV yang harus dirolling.

Dengan demikian, akan lebih mudah untuk mempertimbangkan seorang pejabat yang masih dipertahankan atau selayaknya diganti.

"Akan ketahuan siapa yang akan dipindahkan, siapa yang cocok menjabat, bahkan yang non job," kata Harris.

Harris juga memerintahkan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tengku Mukhlis, Inspektorat, serta asisten Sekda yang sesuai bidang masing-masing, untuk melakukan pendampingan dan pengawasan langsung ke OPD-OPD, guna menghindari adanya kepentingan atau permainan Kepala OPD dalam mengevaluasi bawahannya.

"Kan kepala OPD ada juga permainannya nih. Apakah itu saudaranya, keluarga teman, atau titipan. Kita mau menghindari itu. Cari orang yang betul mau bekerja," tegasnya.

Namun, Harris belum bisa memastikan mutasi hanya akan dilakukan kepada pejabat eselon II dan IV. Artinya, tidak menutup kemungkinan proses pertukaran ini akan diberlakukan kepada Kepala SKPD, jika selama ini memiliki kinerja yang buruk.

"Kalau sebelum puasa selesai semua, langsung kita lantik," tandasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id