Aktual, Independen dan Terpercaya


Bulog: Pasokan Beras Aman Hingga Lima Bulan ke Depan

Buruh-Angkut-Beras-Bulog.jpg
(INTERNET)

Laporan: Fatma Kumala

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Urusan Logistik (Bulog) Riau Kepri memastikan pasokan beras Riau aman hingga lima bulan ke depan. Kepala Bulog Riau Kepri Awaludin Iqbal mengatakan untuk komoditas beras memang menjadi penugasan utama oleh pemerintah kepada pihaknya. Meskipun tidak memaparkan data secara detail, namun ia memastikan menjelang ramadhan dan lebaran pasokan beras di Riau masih mencukupi kebutuhan.

“4-5 bulan mendatang beras Riau masih mencukupi kebutuhan. Untuk beras kita selalu stok dan ada minimal stok, nggak boleh kurang dari kebutuhan 3 bulan ke depan,” kata Iqbal, Kamis 12 April 2018.

Menurut Iqbal, beras merupakan komoditi yang sangat sensitif bagi masyarakat. Untuk itu pihaknya selalu memenuhi kebutuhan setiap bulannya. Selain itu, Bulog Riau Kepri juga memastikan pasokan gula pasir, minyak goreng, dan daging juga memenuhi kebutuhan.

“Untuk beras dan gula pasir Insya Allah tidak ada kekurangan. Untuk komoditi-komoditi yang kami kelola secara langsung tidak akan ada kekurangan,” sebutnya.

Adapun komoditi-komoditi yang menjadi tugas Bulog Riau Kepri antara lain beras, gula pasir, cabai, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, telur, daging sapi, daging ayam, jagung, kedelai dan tepung terigu.

Tak hanya itu, menjelang Ramadan dan lebaran, Bulog Riau Kepri juga menyiapkan pasokan tepung terigu. Untuk pasokan daging beku, Iqbal mengatakan pihaknya selalu menyediakan pasokan daging beku untuk memenuhi permintaan masyarakat Riau.

“Jadi bukan hanya menjelang bulan puasa, kami selalu mendatangkan terus daging beku. Kami selalu penuhi kebutuhan,” ucapnya.

Dikatakan Iqbal, memang pasokan daging beku Bulog Riau Kepri tidak banyak. Ia menyebutkan pihaknya memang tidak menyimpan terlalu banyak pasokan daging beku. Hal ini dikarenakan struktur penyimpanan terbatas.

“Kita sesuaikan dengan kebutuhan pasar dan sarana penyimpanan," sebutnya.

Daging beku yang tersedia saat ini adalah daging kerbau yang berasal dari India. Daging ini bisa diperoleh hanya dengan harga Rp80.000 per kilogramnya.

Untuk pemasaran daging Beku di Riau Kepri diakui Iqbal tren permintaannya naik, hanya saja ia belum bisa menyebutkan data pasti berapa penjualan per bulannya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id