Mau Ikut Lelang yang Aman, ini Tips dari KKPKNL Pekanbaru

KPKNL-Pekanbaru.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE,PEKANBARU - Road show media 2018 yang dilaksanakan portal media siber, RIAUONLINE.CO.ID hari ini, Selasa 13 Maret 2018 berkesempatan untuk bertandang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang ( KPKNL) Pekanbaru.

Kunjungan ini pun tak disia-siakan Kepala KPKNL Pekanbaru, Rina Yulia untuk memberikan tips kepada masyarakat agar senantiasa terhindar dari penipuan dengan kedok modus pelelangan.

Menurutnya, saran ini penting mengingat masih tingginya minat masyarakat yang tertarik untuk mengikuti tahap demi tahapan proses lelangan.

"Meskipun untuk di Pekanbaru belum ada korban, namun ini penting untuk menghindari jatuhnya korban yang mengatasnamakan kami," katanya di ruangannya.

Dalam aksinya, para pelaku akan berpura-pura menjadi petugas lelang dengan cara menghubungi melalui pesawat telepon yang mengatakan bahwa ada barang yang diinginkan bagi calon korbannya dengan harga yang tidak wajar.

Kemudian pelaku akan menginstruksikan untuk mentransfer sejumlah uang dengan tujuan rekening tertentu sampai korban tak sadar bahwa dirinya sudah tertipu. Saran ini berlaku secara umum, untuk masyarakat biasa hingga sekelas pegawai pemerintah daerah.

"Padahal prosesnya tidak seperti itu. Calon hanya melakukan pendaftaran secara online tanpa harus datang ke kantor. Ini fungsinya untuk memutus panjangnya birokrat. Kemudian daftar dan mengikuti tahapan yang diinstruksikan," imbuhnya.

Setelah tahap demi tahapan telah dilakui, profil peserta serta barang yang akan diinginkan akan muncul melalui laman website.

"Untuk sekarang kalau tidak tampil di web tidak bisa ikut. Seperti itu,"jelasnya singkat. Setiap penawaran yang diajukan melalui halaman web, penawar dapat melakukannya secara berulang sampai batas akhir pelelangan ditutup.

Dalam melakukan tahapan ini, posisi penawar berikutnya harus lebih tinggi dari penawar sebelumnya. Perlu diketahui bahwa tahapan ini berbeda dengan proses pelelangan yang dilakukan oleh aset lelang bank seperti rumah tinggal, tanah dan lainnya.

Masyarakat juga dapat langsung mengunjungi alamat domain https://www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id/ untuk informasi lebih lanjut. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id