Aktual, Independen dan Terpercaya


Di Tengah Imlek, Warga Tionghoa Siak Berduka di Pengungsian

Kebakaran-Kota-Bersejarah-SIAK.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/EFFENDI)

RIAU ONLINE, SIAK - Di tengah perayaaan Imlek, warga Tionghoa di Kota Siak diliputi kesedihan. Pasalnya, api menjulang tinggi melahap pertokoan China Town pukul 02.30 WIB, Sabtu, 17 Februari 2018, dini hari.

Tak tanggung-tanggung, api menghanguskan sekitar 70 rumah toko di cagar budaya itu. Dikabarkan sumber api yang melahap Ruko yang berapa di Jalan Sultan Ismail, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak, berasal dari Toko Prima.

Tim gabungan yang terdiri dari anggota Damkar, Koramil 03/Siak, Polsek Siak beserta warga berjibaku memadamkan api.

Sekitar pukul 06.00 WIB api mulai padam, setelah sebelumnya petugas mengalami kesulitan karena bangunan Ruko yang terbakar sebagian besar terbuat dari kayu.

Baca Juga Syamsuar Kunjungi Korban Kebakaran China Town, Warga: Tak Ramai Lagi Pak Bupati

Sementara, korban kebakaran Cagar Budaya China Town ditampung di posko pengungsian yang disediakan Pemerintah Kabupaten Siak. Lokasi posko pengungsian berada di Gedung Maharatu dan bangunan baru RSUD Siak.

“Kita sudah siapkan tempat penampungan sementara bagi warga yang mengalami musibah kebakaran di Cina Town. Kalau Gedung Maharatu tidak bisa menampung korban kebakaran, kita siapkan di gedung baru dibangun di RSUD Siak,” kata Wakil Bupati Siak, Alfedri, Sabtu, 17 Februari 2018

Selain menyediakan Posko pengungsian, kata Alfredi, Pemkab Siak juga menyediakan dapur umum bagi korban kebakaran tersebut

“Bantuan lainnya kita juga sudah mengumpul data untuk memberikan seragam sekolah untuk anak-anak korban kebakaran ini,” ucap Alfedri.

Klik Juga Kota Bersejarah Depan Istana Siak Ludes Terbakar Saat Perayaan Imlek

Alfedri menyebutkan, Pemkab Siak turut berduka atas musibah yang menimpa warganya ini. Apalagi kebakaran tersebut terjadi di saat warga Tionghoa tengah merayakan Imlek atau tahun baru Cina.

“Kita sangat prihatin dengan peristiwa ini, semoga korban kebakaran bisa tabah dan sabar menerima cobaan ini,” harapnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id