Diresmikan Jokowi, Tol Padang-Pekanbaru Segera Dibangun dalam 5 Tahap

ground-breaking-tol-Padang-Pekanbaru.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PADANG - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman turut mendampingi Presiden Joko Widodo dan Menteri Basuki pada acara Ground Breaking Jalan tol Padang- Pekanbaru, Jumat, 9 Februari 2018 di Jalan Bypass Kota Padang.

Dengan peresemian ini, pekerjaan Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Padang-Bukittinggi-Pekanbaru segera digesa.

"Tol Padang-Pekanbaru rencananya dibangun sepanjang 253 Km dengan Total Anggaran sebesar Rp.78 Triliun. "Pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru akan diselesaikan dalam 5 tahap," ucap Gubernur Andi Rachman.

Pada tahap I yakni Padang-Sicincin dengan ground breaking yang dilaksanakan di lokasi proyek yaitu di Jl. Padang Bypass Km 28.

Selanjutnya tahap II di Secincin-Payakumbuh sepanjang 78 km, lalu Tahap III dari Payakumbuh ke Pangkalan sepanjang 45 km. Pada tahap IV, tol dibangun dari Pangkalan ke Bangkinang sepanjang 56 km. Selanjutnya tahap terakhir atau V dari Bangkinang ke Pekanbaru sepanjang 37 km.

Gubernur Riau Andi Rachman, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas dimulainya pembangunan jalan tol tersebut.

"Ini mimpi yang menjadi kenyataan. Jalan Tol ini akan menggerakkan ekonomi di kedua provinsi. Riau dan Sumbar," ucap Andi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat groundbreaking jalan tol tersebut menjelaskan, jalan Tol Padang-Pekanbaru akan memiliki terowongan terpanjang yang akan menembus Bukit Barisan.

"Untuk terowongan saja akan menghabiskan 9 Triliun," ujar presiden. Presiden menyampaikan, jalan tol ini akan membuka akses, baik dari Padang Pekanbaru, ataupun dari Pekanbaru Padang.

"Meski menelan biaya yang sangat besar, tapi keberadaan jalan tol ini akan menggerakkan semua sektor," ungkap Jokowi. (advetorial)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id