Aneh, Hanya di Lapas Pekanbaru Senjata Api Bisa Leluasa Masuk

Kapolresta-Pekanbaru-dengan-Satriandi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pekanbaru ternyata gampang disusupi dan bobol dengan barang-barang yang seharusnya dilarang masuk ke dalam hotel prodeo tersebut. 

Terbukti, kaburnya polisi yang dipecat terlibat sebagai bandar narkoba dan membunuh pesaing bisnisnya, Satriandi, dengan leluasa serta gampang, tanpa ada perlawanan dari sipir penjara. 

Parahnya, kaburnya Satriandi ini dilakukan dengan menondongkan diduga senjata api ke sipir penjaga. Padahal, pecatan polisi ini pernah melompat dari lantai 8 Hotel Arya Duta Pekanbaru, mengakibatkan dirinya harus ditopang sepasang tongkat kruk yang dibawa kemana-mana saat berjalan. 

Kepala Divisi Permasyarakatan, Riau, Lilik Sujandi, hanya bisa menduga-duga kenapa bisa masuk senjata api ke dalam Lapas Klas IIA Pekanbaru dengan leluasa. 

"Senjata api yang digunakannya diduga didapat dari bezukan orang luar," kata Lilik, Kamis, 23 November 2017, di halaman Lapas. 

Pembezuk Satriandi dilakukan oleh satu orang nama dan usianya masih dirahasiakan. Satu orang itu mendatangi Satriandi, Senin, 20 November 2017. Tak hanya itu, satu orang pembezuk juga di hari sama di hari kaburnya Satriandi, Rabu 22 November 2017.

Namun, tuturnya, tidak tertutup kemungkinan senjata api itu didapatkannya melalui kelengahan sipir penjara tengah bertugas di lain tempat.

Tim saat ini sedang menelusuri apakah kemungkinan itu benar terjadi di Lapas, termasuk memeriksa komandan jaga mengizinkan mereka untuk keluar menuju pintu P2U.

"Kita juga memeriksa petugas langsung bertemu dengan mereka (Satriandi dan Nugroho), kemudian petugas mengakibatkan potensi masuknya senjata di pelayanan. Kalau ditemukan penyalah wewenang, tentunya kita minta kepada polisi untuk tetap diproses. Dalam investigasinya, ini pelanggaran terhadap standar prosedur," tuturnya.

Sebelumnya, Rabu sore, pukul 16.45 WIB, Satriandi, bandar narkoba pecatan polisi bersama Nugroho, bandar narkoba juga, kabur dari Lapas Pekanbaru dengan cara menodongkan senjata api ke sipir jaga. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id