Aktual, Independen dan Terpercaya

Siswa SMAN 8 Ini Raih Medali Emas Olimpiade Kimia Dunia

Dean-Fanggohans-Peraih-Medali-Emas-Kimia.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siswa SMAN 8 Pekanbaru, Dean Fanggohans, mengharumkan nama Pekanbaru, Riau bahkan Indonesia, saat ia meraih medali emas pada Olimpiade International Chemistry Olympiade (IChO) ke-49, 6-15 Juli 2017, di Thailand.

Kedatangannya di hari pertama masuk sekolah, SMAN 8 Pekanbaru, dimeriahkan dengan upacara langsung dihadiri Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, Senin, 17 Juli 2017. 

Penyambutan yang dilakukan itu bukan seperti biasa kebanyakan pejabat pemerintahan, seperti di bandara. Melainkan di sekolahnya, SMAN 8, pekanbaru.

Baca Juga: Syamsuar: Alhamdulillah Mendikbud Sebut Siak Contoh Pendidikan Yang Baik

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Andi Rachman, sapaan akrab Gubernur Riau, mengenakan seragam Aparatur Sipil Negara (ASN) berwarna coklat muda.

Begitu tiba di lokasi, Dean langsung menerima rangkaian kalungan bunga. "Mudah-mudahan Dean dapat dijadikan motivasi oleh teman-temannya. Begitu juga dengan kelas di bawahnya, X dan XI. Dean bisa menularkan prestasinya," kata Andi Rachman, di halaman SMAN 8 Pekanbaru. 

Ia berharap banyak kepada siswa untuk mampu memajukan Provinsi Riau dengan prestasi. Seperti telah dilakukan Dean. "Apa lagi dengan Visi Riau 2020, fokus pada ekonomi dan kebudayaan Melayu. Kita berharap banyak kepada siswa-siswa sekalian untuk dapat mensukseskan visi ini kedepannya," katanya.

Tak ingin kalah dengan Gubri, di halaman sekolah Dean, Plt Kadis Pendidikan Riau, Rudianto‎, membagikan uang pendidikan Rp 7 juta Harapannya, ini menjadi motivasi kawan ataupun adik kelasnya.

Dean Fanggohans mengatakan, prestasi diraihnya itu dilakukan sudah sedari dulu dan berkelanjutan. "Ini perjuangannya cukup lama. Diawali dari kelas X mendapat emas di OSN, Palembang dan sekarang dilanjutkan saat mengikuti olimpiade di Thailand," tutupnya.

Klik Juga: Terbukti Lakukan Pungli, Kadisdik Pekanbaru Copot Kepala SDN 189, Da

Bukan kali ini Dean Fanggohans mengharumkan nama Riau dan Indonesia, Pada 2013 silam, saat masih menuntut ilmu di SMP Kalam Kudus, ia merraih medali emas dalam ajang International Junior Science Olympiad (IJSO), 2-11 Desember 2014, di Mendoza Argentina.

Dean ikut menyumbangkan medali emas dari 11 medali diraih Tim Indonesia. Ketika itu, Indonesia mengirimkan 12 siswa dalam ajang IJSO. Dari 11 medali diraih, dua medali emas, tiga perak dan enam perunggu. Satu peraih emas diraih Dean Fanggohans. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline