Patroli dengan Puma, Satgas Ciduk Pembakar Lahan dari Udara

Pembakar-hutan1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang warga yang identitasnya masih dirahasiakan diciduk Satgas udara kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang berpatroli terpadu lokasi di Kecamatan Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti. Pelaku diamankan setelah kedapatan membakar lahan.

"Dimana kami saat melakukan patroli terpadu oleh tim gabungan yang terdiri dari personil Lanud Roesmin Nurjadin, Yonko 462 Paskhas, Polda Riau serta BPBD Riau menuju lokasi yang telah selesai melakukan persiapan bakar-bakarnya," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Jumat, 9 Juni 2017.

Selain mengamankan pria yang mengenakan celana coklat dengan topi itu, Satgas juga menemukan jerigen, chainsaw, mancis dan kapak di lokasi.

Pembakar lahan diciduk1RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA

Baca Juga: Dansatgas Karhutla Ungkap Kejanggalan Pada Lahan yang Dipasang Garis Polisi

Edwar mengatakan penangkapan ini merupakan upaya serius pihaknya dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Riau. Dengan terjun ke lokasi menggunakan helikopter Puma TNI AU dengan tail number HT-3310 dari Skadron Udara 8 Skadron Udara 8 Lanud Atang Sandjaja Bogor, yang di piloti Kapten Pnb Rizky, dirinya berharap dapat membuat para pembakar hutan dan lahan jera.

Segel lahan2Penyegelan lahan oleh Satgas Udara (RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

"Kita harapkan dan mengimbau kepada masyarakat untuk jangan lagi mau disuruh-suruh membakar hutan dan lahan. Lokasi temuan tadi akan kami segel dan secepatnya mencari siapa otak pelaku di balik semua ini," tegasnya.

Usai mengamankan satu pria, satgas langsung menyerahkannya ke Kriminal Khusus Polda Riau untuk dilakukan pendalaman mengungkap dalang di balik pembakaran lahan tersebut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline