Aktual, Independen dan Terpercaya


FITRA: DPRD Riau Habiskan Miliaran Rupiah untuk Kunker, Hasil Tak Pernah Tampak

ANGGARAN.jpg
(INTERNET)
ombudsman

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau menyebut Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau periode 2014-2019 seperti singa ompong.

Fitra menilai DPRD Riau hanya memiliki nama besar, namun minim prestasi yang bisa dibanggakan. Padahal selama kiprahnya, wakil rakyat Riau itu telah banyak menghambur-hamburkan uang rakyat untuk mendukung kinerja selama menjabat.

"Bayangkan saja, sepanjang tahun 2014 sampai dengan tahun 2016, mereka telah banyak menghabiskan anggaran daerah. Kalau boleh disebut sekitar Rp 474,5 miliar yang mereka pergunakan untuk Kunjungan Kerja (kunker) dan Kegiatan Reses," kata Koordinator Fitra Riau, Usman, Kamis, 4 Maret 2017.

Baca Juga: FITRA Riau: Pemprov Riau Tak Becus Kelola Uang Rakyat

Sementara pada 2017, DPRD Riau bahkan hendak merencanakan anggaran untuk perihal yang sama dengan nilai yang cukup fantastis, senilai Rp 174,8 miliar.

"Parahnya lagi, kunjungan-kunjungan tersebut hanya berlaku untuk satu kali. Sudah bisa dikatakan hasilnya juga tak pernah tampak," tambahnya.

Belum lagi DPRD Riau yang memiliki fungsi legislasi yang kinerjanya biasa-biasa saja. Sepanjang tahun 2014-2016 hanya mampu menghasilkan 24 Peraturan Daerah (Perda).

"Kalau boleh disebutkan pada fungsi budgeting dan controling. Mereka juga tidak tampak ada. Untuk pembuktiannya adanya kasus suap terhadap pembahasan APBD tahun 2014-2015 yang melibatkan eksekutif dan legislative," tandasnya.

Klik Juga: FITRA Riau: Selama Tiga Tahun Uang Daerah Mengendap Sebesar Rp10,5 Triliun

Dengan beberapa temuan tersebut, Fitra Riau berani mengatakan bahwa sudah seharusnya dan sepatutnya Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman melakukan evaluasi besar-besaran terhadap rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 yang mungkin masih bisa dilakukan.

"Perketat anggaran dinas, relokasi dan lainnya yang justru tidak diperlukan," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline