Aktual, Independen dan Terpercaya

Kebakaran 20 Hektare Lahan di Pelalawan Masih Menyisakan Asap

Karhutla-Di-Pelalawan1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Provinsi Riau lagi-lagi menurunkan satu unit helikopter satgas udara dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Heli berjenis Bell 412 dikerahkan untuk mamadamkan sisa-sisa karhutla di Pangkalan Terap, Kabupaten Pelalawan, diduga ada faktor kesengajaan.

Disinyalir kebakaran yang menghanguskan 20 hektare lahan ini terjadi di area milik PT Sumber Sawit Sejahtera (PT SSS). Api juga merambat ke dalam kawasan Areal Penggunaan Lainnya (APL). Jika dipantau dari udara, keadaan sudah dalam kondisi land clearing dan akan masuk pada tahap tanam.

"Jadi laporan terkini atas pemadaman kebakaran yang sebelumnya sudah kita lakukan baik itu dari darat dan udara kini meninggalkan asap dan akan dilakukan pendinginan," kata Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Hendri Alfiandi, Rabu, 15 Februari 2017.

Baca Juga: Satgas Udara Kerahkan Helikopter Padamkan Api Di Pelalawan Dan Meranti

Sementara itu menurut petugas dari udara, tim yang bekerja rupanya dibantu oleh cuaca yang saat ini sedang turun hujan dan gerimis tipis. Harapannya proses pendinginan yang dilakukan ini dapat segera terselesaikan pengerjaannya.

Untuk selanjutnya, tim yang dibentuk akan memburu siapa pelaku beserta otaknya yang dengan sengaja membakar di atas lahan milik korporasi tersebut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline