Aktual, Independen dan Terpercaya

Kapolda Riau Berharap Dirlantas Baru Dapat Berantas Pungli

Dirlantas-Polda-Riau-Baru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain berharap banyak kepada Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau yang baru, Kombes Pol Tulus Iklas Pamoji yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Guritno Wibowo.

Zulkarnain berharap agar Satuan Lalu Lintas Polda Riau ke depannya dapat menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak semestinya dilakukan, khusus pungutan liar (pungli).

"Sehingga apa yang kita inginkan seperti menghilangkan pungli itu bisa benar-benar bisa efektif dengan Dirlantas yang baru ini," katanya di Sekolah Polisi Negara (SPN), Selasa, 24 Januari 2017.

Baca Juga: Pungli Masih Jadi Tradisi Dalam Layanan Publik

Maraknya pungli menurutnya karena terlalu seringnya terjadi hubungan langsung antara masyarakat dengan petugas sehingga timbul niat agar proses berjalan cepat maka terjadilah negosiasi antara masyarakat dengan petugas.

"Pertemuan antara yang dilayani (masyarakat) dengan yang melayani (petugas) itu hendaknya semakin kecil sehingga diharapkan pungutan liar itu tidak akan terjadi lagi," imbuhnya.

Untuk itu, ia juga berharap, Dirlantas yang baru ini nantinya dapat mengoptimalkan penggunaan sistem berbasis elektronik yang sebelumnya telah digadang-gadangkan mampu menekan angka pungli di tubuh Polri ke depannya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline