Wow, Untuk Pengharum Ruangan Saja Pemprov Riau Habiskan Rp2,23 Miliar

ANGGARAN.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau mengkritik anggaran belanja Pemprov Riau dalam APBD Riau tahun 2017 yang mengalokasikan milyaran anggaran untuk pengadaan pengharum ruangan gedung pemerintahan.

Peneliti Fitra Riau, Tarmizi memaparkan ada anggaran sebesar Rp2,235,575,000, atau sekitar Rp2,35 milyar masuk sebagai pagu anggaran belanja pengharum gedung pemerintahan provinsi.

"Dengan uang sebanyak itu hanya untuk pengharum ruangan, ini namanya jelas pemborosan. Terlalu besar sekali," kata Tarmizi, Kamis, 19 Januari 2017 melalui pesan pendek.

Baca Juga: Sekali Foya-Foya Ke Luar Negeri Setiap Anggota DPRD Riau Habiskan Rp 444 Juta

Fitra meminta kepada Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman untuk melakukan evaluasi pada anggaran tersebut dan merevisinya dengan anggaran yang lebih realistis dan rasional.

Menanggapi kritikan tersebut, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengaku tidak tahu dan merasa kecolongan soal dana parfum ruangan Pemprov Riau yang mencapai sampai Rp2,2 miliar.

Politisi Partai Golkar ini berjanji akan segera memanggil Plt Kepala Biro Umum, Indra untuk mengklarifikasi kebenarannya. Namun, ia mengaku setuju apabila evaluasi dilakukan pada anggaran bombastis tersebut yang dinilai publik merupakan langkah pemborosan.

"Saya setuju, untuk apa pengharum parfum ruangan sampai dua miliar lebih," katanya.

Klik Juga: FITRA Riau: Selama Tiga Tahun Uang Daerah Mengendap Sebesar Rp10,5 Triliun

Fitra menilai kondisi ini menunjukkan semangat efisiensi anggaran pemerintah belum tercermin dalam perencanaan anggaran daerah yang buruk. Dalam banyaknyya anggaran yang dialokasikan pada banyak tempat secara berlebihan dinilai sebagai amatirnya tata kelola anggaran pemerintah provinsi.

"Anggaran yang berlebihan dianggarkantanpa transparnsi dan rasionalisasi sangat berpotensi menjadi ruang terjadinya tindak pidana korupsi," ujar Koordinator Fitra Riau, Usman.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline