Aktual, Independen dan Terpercaya

BMKG Desak Pemerintah Riau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla

Kebakaran-Hutan-Riau1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kota Pekanbaru, Sugarin akan mendesak kepada pemerintah Provinsi Riau untuk segera menggelar rapat koordinasi Karhutla tahun 2017.

Desakan ini dilakukan untuk merekomendasikan pada pemerintah untuk menetapkan status Siaga Darurat Karhutla Riau 2017, melihat potensi kebakaran lahan sudah menguat beberapa hari belakangan dari catatan hotspot.

"Diusahakan minggu ini akan kita adakan rapat. Kita akan mempresentasikan keadaan terkini yang terjadi di Riau," kata Sugarin, Rabu, 18 Januari 2017.

Rapat ini digesa juga berdasarkan status Siaga Darurat Karhutla yang sudah ditetapkan lebih dulu oleh Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir beberapa hari lalu.

Baca Juga: Pagi Ini, Ada 7 Titik Panas Kepung Wilayah Riau

Sementara itu, standar penetapan provinsi menetapkan status siaga darurat Karhutla adalah penetapan status siaga darurat Karhutla oleh dua daerah kabupaten atau kota.

"Jika ada penetapan dua daerah, maka Pemerintah Provinsi Riau segera menetapkan status dan mengaktifkan kembali posko penanggulangan bencana kebakaran yang sebelumnya telah dibubarkan itu," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Riau, Edwar Sanger.

Sementara itu, Sugarin menjelaskan menurut data BMKG, wilayah Utara dan Pesisir Timur Riau merupakan daerah paling panas dan kering di Riau sehingga paling banyak dideteksi titik panas di Riau.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline