Aktual, Independen dan Terpercaya


Masyarakat Membludak di Samsat Gajah Mada. Ada Apa?

Kantor-Dispenda.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
ombudsman

Laporan: Azhar Saputra

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Pekanbaru Jalan Gajah Mada, dipadati masyarakat ingin membayar pajak kendaraan bermotor.

Kasi STNK Subditregident Direktorat Lantas Polda Riau, Kompol Zulanda mengatakan, ini dampak dari terbitnya PP 60 tahun 2016 tentang peneriman negara bukan pajak yang mulai berlaku esok hari, Jumat, 6 Januari 2016.

Penuh sesaknya kantor penerimaan pajak kendaraan bermotor ini sudah terjadi sejak Selasa, 3 Januari 2016, usai masyarakat menjalankan cuti bersama libur tahun baru.

"Kalau mulai padatnya ini usai libur cuti bersama itu. Bangku-bangku yang kami sediakan sampai terisi penuh yang tidak kami duga-duga bisa sampai seperti ini," ucapnya di kantornya, Kamis, 5 Januari 2016.

Zulandan memperkirakan masyarakat membludak mencapai dua kali lipat dari hari-hari biasanya. Penduduk bisa mencapai 800-900 untuk setiap harinya yang idealnya setiap masyarakat terlayani selama 20 menit.

Baca Juga: Mulai Esok, Begini Aturan Perubahan Tarif Pengurusan STNK Di Riau

"Paling kondisi seperti saat ini di hari ini saja. Besok sudah normal seperti hari-hari biasanya," tutupnya.

Sebelumnya, Zulanda mengungkap masyarakat telah salah artikan kebijakan Pemerintah mengenai PP nomor 60 tahun 2016 tentang peneriman negara bukan pajak yang mulai berlaku esok, 6 Januari 2016.

"Untuk menghindari kesalahan persepsi masyarakat dengan adanya pemberitaan di media-media tentang kenaikan dua sampai tiga kali lipat terhadap pajak kendaraan ini yang perlu di ketahui saat ini kenaikan ada pada PNBP pada sisi kepolisian saja," ucapnya, di ruangannya, Kamis, 5 Januari 2016.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline