Aktual, Independen dan Terpercaya


Gubernur Riau Antisipasi Spekulan Sembako Pada Akhir Tahun

Pasar-Senapelan-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ULTI DESI ARNI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengimbau pada para pedagang dan pemasok bahan sembako yang ada di Riau untuk tak memanfaatkan momen akhir tahun untuk melakukan tindakan spekulasi dengan membuat harga sembako melonjak tinggi.

 

Dirinya menilai para tengkulak spekulan biasanya selalu mempermainkan pasokan sembako pada libur Natal dan tahun baru untuk memperbesar keuntungan yang bisa didapatkan oleh mereka.

 

"Janganlah mencari kesempatan dalam suasana seperti ini. Karena setiap tahun kan selalu terjadi lonjakan harga karena kebutuhan dan permintaan masyarakat meningkat. Tahun ini coba hal seperti itu sama-sama kita kendalikan," kataya, Kamis, 15 Desember 2016.

Baca Juga: Hingga Hari Ini, Harga Cabai Merah Masih Melonjak

 

Sejauh ini, Gubernur yang disapa Andi Rachman ini menilai harga sembako sudah cukup baik di stabil sehingga tidak mengganggu daya beli masyarakat, terutama di Pekanbaru. Namun antisipasi juga harus dilakukan sedini mungkin untuk mencegah para spekulan bermain.

 

Untuk melakukan pengendalian terhadap permainan para spekulan, Andi Rachman meminta kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau untuk aktif melakukan pengawasan.

 

Andi akan mengintruksikan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Riau dalam upaya jaminan transportasi, keluar masuknya kebutuhan pokok rumah tangga itu dari provinsi tetangga.

 

Menurut dia, masalah transportasi dan permainan spekulan sangat memungkinkan terjadi pada saat momentum liburan akhir tahun.

Klik Juga: Awal Pekan, Harga Cabai Merah Tembus Angka Rp100 Ribu

 

"Sering kali masalah lonjakan harga itu disebabkan karena faktor transportasi yang menghambat masuknya kebutuhan pokok masyarakat. Kita akan instruksikan Dishub untuk melakukan tindakan bagaimana pasokan sembako dari luar tak terganggu," jelasnya.

 

Selain itu, Andi Rachman juga meminta kepada aparat kepolisian untuk aktif dalan upaya penindakan. Jika terbukti ada tindakan yang mengarah pada bentuk merugikan masyarakat, agar segera diproses sesuai jalur hukum.

 

"Kami akan melakukan rapat koordinasi tentang pengamanan liburan akhir tahun, tentunya bersama Polda Riau sebagai lembaga pencegahan dan penindakan, dan instansi pemerintah terkait lainnya yang bersentuhan langsung dengan masalah ini," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline