Pejabat Kemenpora: Olahraga di Sumatera Harus Bangkit dan Imbangi Pulau Jawa

Pembukaan-POPWIL1.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Akhyar Matra, Kepala bidang kompetisi usia muda pada asisten deputi pembibitan dan iptek olahraga, Deputi peningkatan prestasi olahraga, kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora), optimis olahraga di pulau Sumatera khususnya Riau dalam tingkat pelajar akan terus mengalami peningkatan.

 

Hal itu di sampaikannya mengingat saat ini Provinsi Riau yang berada di tengah-tengah pulau Sumatera menjadi Provinsi yang menduduki peringkat terbaik dalam perolehan medali di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, Jawa Barat lalu.

 

"Saya bisa melihat perkembangan olahraga Provinsi Riau yang pada saat PON di Jabar unggul dari daerah lainnya di Sumatera begitu pesat dengan dimulainya salah satu pembibitan dalam Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) I Riau ini," ucapnya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 15 November 2016.

 

Akhyar juga menyampaikan bahwa dalam hal ini Provinsi lainnya yang berada satu daratan dengan Riau harus mencontoh dalam mengelola olahraga agar prestasi olahraga di Sumatera bisa merata.

Baca Juga: Resmikan Pembukaan POPWIL I Sumatera, Gubri: Jaga Sportifitas

 

"Terutama untuk Sumatera kita harus bangkit dan bisa mengimbangi wilayah lain yang berada di pulau Jawa dan sebagainya. Kita tidak mau perkembangan olahraga di Sumatera tidak merata," imbuhnya.

 

Sebelumnya, POPWIL I Riau sudah bergulir di Pekanbaru dari tanggal 13-20 November 2016 yang akan mempertandingkan olahraga basket, voli, bulu tangkis, sepakbola, takraw, tenis lapangan tenis meja dan pencak silat.

 

Pertandingan ini melibatkan 1.012 atlet. Para atlet tersebut berasal dari Aceh sebanyak 117 orang, Sumatera Utara 150 atlet, Sumatera Barat 149 orang, Kepulauan Riau 135 orang, Bangka Belitung 140 orang, Jambi 160 dan Riau 161 orang.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline