Aktual, Independen dan Terpercaya


Riau Go IT Sarana Permudah dan Tranparansi Pelayanan Publik

Pelucuran-Riau.Go.It-Oleh-Gubernur-Riau.jpg
(HUMAS PEMPROV RIAU FOR RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pada Hari Ulang Tahun ke-59, 9 Agustus 2016, Provinsi Riau mencanangkan Riau sebagai provinsi maju dan terdepan dalam pemanfaatan informasi dan teknologi (IT) guna meningkatkan pelayanan serta transparansi kepada masyarakat Riau. 

 

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, tagline Riau.Go.It merupakan kado ulang tahun Riau ke-59. Ini merupakan wujud nyata perhatian Pemerintah Provinsi Riau bagi masyarakat. 

 

"Riau Go IT sebagai moto, tag line. Wujud nyata pada hari ini melaunching dan memperkenalkan kepada publik guna meningkatkan layananan, dan transparansi," kata Andi Rachman, panggilan akrabnya, Selasa, 9 Agustus 2016.

 

Selain itu, tutur Andi, Pemrov Riau bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga telah meluncurkan satelitnya dengan nama BRIsat.

 

Tujuannya, memberikan akses internet dan pelayanan IT berbasis mastarakat untuk perangkat desa. "Kita bisa memanfatkan BRIsat agar perangkat desa bisa merasakan akses internet ‎dan meningkatkan pelayanan IT berbasis kepada masyarakat. Selain alokasi dana desa yang dianggarakan ini dapat mengikis kesenjangan antar wilayah," tuturnya.

 

Gubernur Riau Luncurkan Riau Go It

 

Andi Rachman berharap dengan adanya akses cepat tersebut, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beserta masyarakat dapat memanfaatkannya dengan cara positif dan tidak lupa dilakukan pengawasan.

 

Gubernur Andi Rachman juga mencoba menggugah kesadaran masyarakat Riau tentang pentingnya penerapan teknologi saat sekarang ini. Maka, untuk tema HUT Ke-59 Provinsi Riau tahun 2016 ini, adalah "Kita Tingkatkan Kinerja Pemda terhadap Pelayanan Publik Melalui Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Teknologi".

 

Di bawah kepemimpinan Andi Rachman sebagai gubernur, ia memiliki keinginan kuat untuk menerapkan pemerintahan berbasis teknologi ini. Dimulai soft opening pada 2015 silam, dan baru tahun ini diluncurkan.

 

"Dengan teknologi canggih ini, mampu menjawab pertanyaan warga secara langsung, seperti kenapa jalan rusak, air keruh dan info lainnya. Termasuk juga bisa mengakses internet, bisa menggunakan handphone yang ada dalam genggaman," katanya. 

 

Dengan dicanangkannnya program Go.IT menuju Riau menjadi smart province, Andi Rachman mengharapkan semua aplikasi yang berada di SKPD bisa terintegrasi dengan leading sector-nya berada di Dinas Kominfo paling lambat November 2016. (adv)

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline