Aktual, Independen dan Terpercaya


Inilah Faktor yang Membuat Polda Riau Naik Jadi Tipe A

Wakapolri-Kapolda-Riau-dan-Gubri-bersalaman.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Syafruddin mengatakan bahwa Polda Riau dalam kenaikan tipe dari B menjadi A telah memenuhi beberapa aspek, salah satunya adalah aspek geografis dari Provinsi Riau.

 

Aspek geografis itu, menurut Wakapolri mencakup wilayah laut dan juga daratan. "Dalam kenaikan tipenya, Polda Riau telah memenuhi beberapa aspek, diantaranya adalah aspek geografis dimana Riau memiliki daratan yang berdekatan langsung dengan tetangga lainnya. Juga di daerah perairannya dekat juga dengan laut Cina selatan, ini dapat disebutkan dapat menjadi penyangga keamanan dunia internasional," ucapnya saat memberikan sambutan, Sabtu, 12 November 2016.

 

Kemudian, lanjut Wakapolri adalah aspek demografi. Provinsi Riau yang penduduknya hampir mendekati 7 juta jiwa di tahun 2020 sudah cukup mampu mengemban tugas berat dengan naik menjadi tipe A.

Baca Juga: Resmi, Polda Riau Naik Tingkat Jadi Tipe A

 

"Apalagi untuk aspek demografi Provinsi Riau dengan laju pertumbuhan penduduk mencapai 2.33 persen yang di perkirakan akan mendekati 7 juta jiwa di tahun 2020, ini sudah cukup untuk mendukung pemenuhan rasio Polisi di Riau," imbuhnya.

 

Menurutnya tingkat kejahatan di Provinsi Riau dari tahun ke tahun cukup tinggi, untuk itu perlu untuk menaikkan status Polda Riau secepatnya menjadi tipe A.

 

"Ini juga merupakan pertimbangan kenaikan tipe Polda Riau yakni Aspek kerawanan. Di mana Riau juga rawan kejahatan konvensional dan transional kejahatan," tutupnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline