Naik Tingkat ke Type A, Polda Riau Akan Pindah Ke SPN

Kapolda-dan-Wakapolda-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Demi mendukung Polda Riau agar sesuai dengan tingkatannya yang baru dari type B ke A, Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain mengatakan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarananya.

 

Termasuk Sekolah Polisi Negara (SPN) yang berada di Jalan Patimura rencananya akan dijadikan gedung baru Polda Riau usai prosesi kenaikkan tingkat tersebut secara bertahap.

 

"Untuk sarana dan prasarana kami akui masih kekurangan dan itu sudah kami ajukan ke markas besar. Polda kalau masih terus di sini tentunya masih merasa kurang memadai. Insyaallah akan pindah ke Sekolah Polisi Negara (SPN) Jalan Patimura, Pekanbaru," ucapnya usai memandikan pataka, Kamis, 10 November 2016.

Baca Juga: Jelang Diresmikan ke Type A, Polda Riau Lakukan Pencucian Pataka Tuah Sakti

 

Sementara untuk keberadaan SPN, Kapolda menginginkan keberadaannya tidak jauh dari Pekanbaru dan sudah meminta Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman untuk menyanggupinya.

 

"Sedangkan untuk SPN sendiri Gubernur Riau sendiri sudah mengetahi perihal ini, pokoknya antara Kabupaten Kampar dengan Pelalawan. Pokoknya bagaimana nanti bagusnya dan sudah kami mohon untuk persyaratannya dalam membangun sarana dan prasarana di daerah itu," katanya.

 

Tambahnya yang menjadi persoalannya ialah masalah tanah yang bukan wewenang dari Polda Riau, tetapi langsung dibebankan kepada wilayah tempatan yang akan dijadikan tempat SPN yang baru.

 

"Itu semua haruslah adanya Ketersedian lahan. Jadi negara biasanya melalui Polri itu hanya mampu membangun kantornya saja, masalah lahan itu biasanya dibebankan kepada wilayah masing-masing," pungkasnya.

Klik Juga: Antisipasi Banjir, Plt Wako Pekanbaru: Minggu, Seluruh Kecamatan Gotong Royong

 

Harapannya itu tidak menjadi kendala mengingat beberapa langkah lagi Polda Riau akan naik kelas menjadi type A.‎ Selanjutnya Kapolda sudah menyiapkan sarana dan prasarana lainnya untuk wilayah di daerah perairan.

 

"Karena kita juga berbatasan dengan negara tetangga, Pol air juga akan kita tingkatkan dan kita sediakan penambahan kapal misalnya, kemudian satuan di tingkat Polres seperti di Kepulauan Meranti. Jadi dengan sendirinya akan bertahap termasuk jumlah personilnya," tutupnya.