Aktual, Independen dan Terpercaya

Ribuan Massa Muslim Padati Jalan Sudirman

Massa-Muslim-Demo-Ahok.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan massa yang mengatasnamakan Muslim Bela Islam memenuhi jalan Sudirman di muka Markas Polda Riau hingga mencapai depan kantor Pos Inodonesia yang berjarak satu kilometer menuntut ditangkapnya Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok atas dugaan penistaan agama Islam.

 

Pemenang Akademi Dai Indonesia, Maruli menjelaskan bahwa Ahok sebagai kepala daerah telah jelas melakukan pelecehan terhadap ayau suci Alquran, Al Maidah 51 ketika berada di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016 lalu.

 

"Ahok telah melakukan penghinaan terhadap agama yang seharusnya dilindungi oleh negara. Sehingga hal tersebut merupakan kejahatan yang sangat serius di negara kita," kata Maruli memberikan orasi, Jumat, 4 Oktober 2016.

Baca Juga: Inilah Tokoh-tokoh Besar dan Ormas yang Turun ke Jalan

 

Aksi dilakukan siang usai salat jumat berlangsung. Massa bergerak secara berjalan dari Mesjid An-Nur menuju Mapolda Riau melewati Jalan Sudirman. Massa yang jumpahnya ribuan, baik lelaki, perempuan, muda dan tua ini membuat lalu lintas macet total dari kota.

 

Sejauh ini, dari macam bendera yang terlihat, massa demonstran ini berasal dari Front Pembela Islam, Laskar Pembela Islam, Hmpunan Mahasiswa Islam, Pemuda Muhammadiyah, Korps Alumni HMI, Hitzbut Tahrir, Pelajar Islam Indonesia, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan lain sebagainya.

 

Hingga kini, massa terus bertambah dan masih terus berlangsung. Aksi berlangsung tertib meski orasi yang disuarakan sangat keras. Kepala Polda Riau, Brigjend Pol Zuljarnain telah masuk dalam barisan massa untuk mendengarkan orasi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline