Sejak 2013, Tour de Siak Tak Pernah Libatkan Atlet Lokal, Mengapa?

Etape-Dayun-TDS-2016.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, SIAK - Gelaran Tour de Siak (TdS) telah berjalan sejak 2013 lalu dan berjalan rutin saban tahunnya sebagai iven pendongkrak pariwisata budaya yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Siak. Tahun 2016 ini merupakan kali keempatnya TdS digelar.

 

Namun sayang, hingga tahun 2016 ini belum ada atlet lokal Siak maupun Riau yang mengikuti iven internasional ini. Wakil Bupati Siak, Alfedri mengatakan atlet lokal belum ada yang mampu berkompetisi di iven yang ditaja Pemuda Siak.

 

"Atlet kita memang belum ada yang mampu " kata Alfedri kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 20 Oktober 2016.

Baca Juga: Etape II TdS, Wakil Bupati Siak Berharap Atlet Nasional Naik Podium

 

Padahal, kata Alfedri seluruh kebutuhan para atlet telah diupayakan oleh Pemkab Siak. Mulai dari pelatih, sepeda balap hingga kebutuhan lainnya. Namun hal tersebut ternyata belum berhasil buat atlet lokal bisa turut berkompetisi.

 

"Kita sudah siapkan program latihan, sepeda dan pelatih yang berkompeten, tinggal kita dorong. Kita perlu mendorongnya karena atlet kita banyak yang belum memiliki minat," imbuh Alfedri.

 

Alfedri menjelaskan upaya Pemkab Siak melakukan perekrutan atlet balap sepeda dimulai dengan menawarkan pada atlet di luar bidang olahraga sepeda yang dipandang memiliki potensi.

Klik Juga: Pebalap Vietnam Jawara di Etape I Tour de Siak

 

Selain itu kekurangan selama ini juga akan dievaluasi oleh Pemkab Siak. Alfedri menegaskan akan segera mengganti pelatih ISSI Siak jika memang kekurangan usai evaluasi ada pada kinerja pelatih.

 

"Kita kan sedang berusaha sekarang ini. Kita akan mulai ulang pembinaan atlet agar dapat berprestasi. Apa yang kurang harus kita benahi dan kita kejar. Perjuangan itu kan butuh waktu dan upaya," tandas Alfedri.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline