Aktual, Independen dan Terpercaya


Inilah Pesawat Kepresidenan, Indonesia One RI-001

Pesawat-Kepresidenan.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Pesawat dengan tanda panggil Indonesia One dan ber kode registrasi RI-001. Pesawat ini mempu membawa rombongan presiden hingga 67 orang dan terbang dalam 10-12 jam serta dapat mendarat di bandara kecil.

 

Pesawat kepresidenan ini terdiri dari beberapa ruangan. Pertama, Ruang Rapat (Meeting Room) VVIP berkapasitas 4 orang. Kedua, Kamar Kenegaraan (State Room) VVIP, yaitu ruangan tidur mewah yang ruang tidur mewah yang dapat menampung 2 orang, 12 kursi eksekutif, dan 44 kursi staff.

 

Dilengkapi dengan dua mesin CFM56-7, pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan jelajah maksimum mencapai 0,785 Mach, sementara kecepatan maksimumnya adalah 0,85 Mach dan jangkauan jelajah maksimum mencapai 4.620 Nm (8.556 km). Pesawat ini dapat terbang hingga ketinggian maksimum 41.000 kaki.

Baca Juga: Bak Malaikat Maut, Inilah 3 Pasukan Elite Terseram di Dunia

 

Pesawat Boeing Bussines Jet 2 ini memiliki panjang hingga 38 meter dengan rentang sayap hingga 35,79 meter dan tinggi 12,5 meter. Mampu terbang hingga ketinggian maksimum 41.000 kaki, dengan daya jelajah 10.000 km dengan daya tampung bahan bakar 35.539 liter yang ditampung dalam enam tangki bahan bakar.

 

Bagian luar pesawat ini berwarna biru muda pada bagian atas dan putih pada bagian bawah. Kedua bidang ini dibatasi garis cat menyerupai pita merah putih yang memanjang kurva melengkung di sepanjang tubuh pesawat. Memanjang pada bagian tubuh di atas jendela terdapat lambang negara Republik Indonesia Garuda Pancasila diikuti tulisan "Republik Indonesia" dengan teks berwarna hitam.

Klik Juga: Peci Bung Karno, Lambang Penyatuan Islam dan Negara

 

Pada bagian depan di kepala pesawat terdapat lambang Kepresidenan berbentuk bintang berwarna emas. Di bagian sirip vertikal terdapat bendera Indonesia. Sejumlah pihak kurang puas dengan livery atau corak warna yang dipakai pada pesawat ini. Selain desain dianggap kurang menarik, warna biru muda pada tubuh pesawat dinilai berbau politik.

 

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengungkapkan, pemilihan warna biru pada pesawat kepresidenan RI lebih untuk keselamatan penerbangan karena warna tersebut sebagai bentuk penyamaran dari ancaman. Selain itu warna biru berguna sebagai pembeda karena tidak dimiliki pesawat penerbangan komersial di Indonesia.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline 

 

Sumber: INSTAGRAM INDONESIA MILITARY