Aktual, Independen dan Terpercaya

Keren, Tak Hanya Cantik, 7 Wanita Tangguh Ini Pilot Pesawat Tempur

Pilot-Wanita.jpg
(F-26.NET)

RIAU ONLINE - Pilot memang identik dengan pria. Terlebih pesawat yang diterbangkan adalah pesawat tempur. Sebab, risiko yang dihadapi dalam pertemupuran sangat berbahaya.

 

Namun meski tak banyak, beberapa wanita dari berbagai belahan dunia membuktikan bahwa wanita bisa menerbangkan pesawat tempur.

 

Meski identik dengan tugas pria, para wanit ini tetap telihat cantik dan anggun saat berada di balik kemudi pesawat. Berikut pilot cantik pesawat tempur.

 

Mayor Mariam al-Mansouri, Uni Emirat Arab (UEA)

 

Mariam al-Mansouri adalah pilot pesawat tempur pertama dari Uni Emirat Arab. Wanita kelahiran 1979 Abu Dhabi ini berhasil menjadi wanita pertama yang masuk ke akademi Angkatan Udara Uni Emirat setelah kaum wanita diizinkan bergabung.

 

Sumber: alchetron.com/CNN

 

Mariam mengaku bercita-cita menjadi pilot sejak masih duduk di bangku SMA. Sebelum masuk di akademi, Mariam kuliah dulu hingga mendapat gelar sastra Inggris di Universitas Uni Emirat Arab. Suatu kehormatan baginya yang dapat menerbangkan F-16 Fighting Falcon.

 

Letnan Juliette Fleming, Inggris

 

Saat Juliette Fleming berulang tahun ke-17, sang ayah menghadiahkannya berupa pelajjaran terbang pertama kali, sejak itu Juliette sangat senang dengan pesawat.

 

Sumber: oxfordmail.co.uk

 

Juliette menjadi satu di antara dua orang yang diterima dalam selekse Royal Air Force (RAF). Hingga kini, Juliette sudah banyak tugas yang diselesaikannya. Diantaranya Juliette di tempatkan di garis depan Irak di tahun2008 dan Afghanistan pada 2009.

 

Letnan Katerina Hlavsova, Republik Ceko

 

Katerina, sudah sangat akrab dengan pesawat tempur supersonik Gripen. Ia mengaku bahw menerbangkan pesawat tempur jenis F-16 adalah sebuah keberuntungan lain dalam hidupnya.

 

Sumber: ona.idnes.cz

 

Berbeda dengan wanita lainnya, Katerina tidak suka berdandan dan lebih senang hidup di pedesaan dan melakukan wisata kuliner di setiap waktu senggangnya.

 

Kapten Jammie Jamieson, Amerika Serikat

 

Sumber: flickr.com

 

Jamie Jamieson merupakan luulusan Akademi Angkatan Udara pada 1992. Wanita kelahiran Tacoma dan tinggal di Prosser tahun 1982 ini sempat tampit menerbangkan pesawat F-22A saat pagelaran McChord Air Expo tahun 2008. Kini, Kapten Jammie menjadi Komandan Skuadron Tempur 525 di Markas Angkatan Udara Elmendorf, Alaska.

 

Letnan Dua Katarzyna Tomiak, Polandia

 

Sumber: portel.pl

 

Sejak 2012, Katarzyna Tomiak menjadi wanita pertama asal Polandia yang dipercaya menerbangkan pesawat tempur MiG-29. Wanita lulusan Akademi Angkatan Udara Polandia di Deblin ini bertugas di markas militer Polandia, Mallbork.

 

Letnan Dua Line Bonde, Denmark

 

Sumber: f-26.net

 

Line Bonde adalah pilot pesawat tempur pertama dari Denmark, ia berasal dari kota Jutland di Billund sebelah utara. Awalnya, Line Bonde dilatih dengan pesawat F-16B, merupakan pesawat jet tempur F-16 yang dikenal akan kehandalannya.

 

Mayor Nicole Malachowski, Amerika Serikat

 

Wanita yang akrba disapa FIFI ini adalah wanita perwira Angkatan Udara Amerika Serikat berpangkat Mayor. Nicole telah dipercaya menjadi pilot pesawt tempur F-15E selama 8 tahun.

 

Sumber: pbase.com

 

Nicole tercatat pernah memberikan dukungan udara di wilayah Kosovo tahun 1998 dan ambil bagian saat terjadi konflik Bosnia/Serbia saat mengamankan Pemilu di Irak.

 

Selain dipercaya menerbangkan pesawat F-16 Fighting Falcon, ia juga pernah menerbangkan pesawat lain yaitu T-37, T-38, AT-38, F-15E, F-16C/D.

 

Sumber: Catatankecilku.net|VIVA.co.id