Inilah Pasukan Elit Penjaga Kedaulatan Laut Indonesia Bentukan Bung Karno

Kopaska.jpg
(BOOMBASTIS.COM)

RIAU ONLINE - Indonesia memiliki banyak satuan khusus beranggotakan prajurit dari satuan angkatan laut elit terbaik. Satu di antaranya adalah Komando Pasukan Katak (Kopaska), yang bertugas menjaga kedaulatan wilayah laut Indonesia.

 

Kopaska adalah salah satu pasukan elit tertua di Indonesia dengan pengalaman yang bejibun. Bahkan dahulunya, pasukan ini menjadi kebanggaan sang Pendiri Bangsa, Bung Karno.

 

Satuan elit ini didirikan oleh Bapak Bangsa, Presiden Soekarno. pada tanggal 31 Maret 1962 dengan misi pertamanya adalah mendukung kampanye militer di Irian Jaya.

Baca Juga: Inilah 6 Beladiri Mematikan Pasukan Khusus Militer di Dunia

 

Kopaska berada di bawah naungan angkatan laut. Tidak banyak yang bisa bergabung dengan pasukan elit penjaga lautan Indonesia ini, sebab butuh banyak syarat, ketentuan dan beberapa tes berat yang harus dilalui.

 

Untuk bisa menjadi anggota Kopaska seorang TNI AL harus memiliki masa kerja yang lama. Selain itu, prajurit harus mengukuti tes tertulis untuk menguji tingkat inteligensi. Jika sudah dinyatakan lulu, anggota Kopaska harus siap dilatih lebih intens dan spesifik selama berbulan-bulan.

 

Kopaska secara umum diberdayakan pada sektor kelautan. Beberapa spesialis meraka adalah domisili bawah air, perebutan pantai dan pangkalan, mengakomodir pendaratan-pendaratan kekuatan amfibi dan lainnya.

 

Uniknya, para Kopaska juga diharuskan handal di darat maupun di laut, agar dapat dilibatkan dalam Paskhas AU atau pun Kopassus-nya TNI-AD saat keadaan tertentu.

Klik Juga: Kemampuan Denjaka TNI AL Tanggulangi Terror Bikin Singapura dan Brunei Takjub

 

Kopaska memiliki segudang catatan misi-misi yang pernah dilakukan. Tidak hanya di dalam negeri bahkan di luar negeri. Beberapa di antaranya adalah Operasi Khusus Kikis Bajak dan Lusitania Expresso, buru perompak sumatera, pengamanan Ambalat.

 

Kopaska pernah tergabung dalam unitnya PBB untuk berbagai aksi pengamanan. Mulai dari misi Irak, Sudan Selatan, Lebanon, sampai Bosnia.

 

Kehadiran Kopaska adalah sumbangan yang besar sekali bagi militer Indonesia. Kemampuan dan dedikasi mereka secara tidak langsung membawa negara ini terus dalam kondisi aman dan tentram terutama di wilayah-wilayah laut.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline 

 

Sumber: BOOMBASTIS.COM