Riau Minta Kemenperin Lakukan Percepatan Kawasan Industri di Riau

Pelabuhan-Tanjung-Buton.jpg
(INTERNET)
Enoki Mall Pekanbaru Japanese restaurant shabu-shabu, sushi dan Grill

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau meminta Kementerian Perindustrian untuk melakukan percepatan pengembangan Kawasan Industri Tanjung Buton dan Kawasan Industri Kuala Enok untuk menampung overcapacity Pelabuhan Dumai.

 

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman meminta pihak kementerian mempercepat proses pembangunan mengingat Riau adalah daerah paling dekat dengan negara ASEAN lain dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

 

"Kawasan Industri Dumai sudah berjalan. Untuk menampung overcapacity pelabuhan Dumai, Pemerintah Provinsi Riau juga meminta Kemenperin mendukung percepatan pembangunan KITB dan Kawasan Industri Kuala Enok," kata Arsyadjuliandi Rachman, Kamis, 29 Septber 2016.

Baca Juga: Semrawut, Bongkar Muat Pasar Induk Cik Puan Akan Dipindah

 

Selain itu, gubernur yang akrab disapa Andi Rachman inj juga meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memperbaiki sarana infrastruktur jalan. Karena banyak jalan yang masih sulit dilalui oleh truk bertonase berat.

 

"Beberapa jalan akses ke kedua pelabuhan ini masih ada yang mesti diperbaiki. Kita minta pada pemerintah pusat untuk memberikan fokus disana," imbuh Andi.

 

Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik program Kementerian Perindustrian yang memfokuskan pengembangan Industri Dumai. Kementerian Perindustrian akan memfokuskan 14 kawasan industri, salah satunya Kawasan Industri Dumai.

Klik Juga: Wow, Jika Dihidupkan Pelabuhan Kuala Enok Datangkan PAD Rp 137 Triliun

 

Andi Rachman mengatakan tiga kawasan industri tersebut terletak strategis berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Pengembangan kawasan industri tersebut dapat memperlancar ekspor komoditi Riau seperti minyak bumi dan gas, CPO dan sawit, kelapa, karet dan lainnya.

 

KITB terletak di Riau bagian tengah yang berdekatan dengan Kabulaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Rokan Hulu dan Pekanbaru. Sementara Kuala Enok, berdekatan dengan Kabupaten Indragiri Hulu dan Kuantan Singingi serta Jambi bagian utara.

 

Dumai mampu menopang ekspor dan impor komoditi di Riau bagian utara seperti Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, Kepulauan Meranti dan Pekanbaru.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline