Karhutla Riau Makin Parah, Badan Restorasi Gambut Pantau Lokasi

Karhutla-di-Kawasan-TNTN.jpg
(TIMSATGAS KARHUTLA FOR RIAUONLINE.CO.ID)
ombudsman

RIAU ONLINE - Badan Restorasi Gambut (BRG) menurunkan tim ke lokasi kebakaran hutan dan lahan memantau perkembangan dan melakukan penanganan bencana karhutla, khususnya di Riau yang makin parah.

 

"Kami sudah menurunkan tim dan terus memantau perkembangan yang terjadi di lapangan, khususnya yang di Riau," ujar Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan BRG, Mirna Savitri kepada Okezone, Minggu, 28 Agustus 2016.

 

Berdasarkan Perpres Nomor 1 Tahun 2016, Mirna menjelaskan, BRG bertugas untuk mencegah kebakaran lahan gambut di tiga provinsi, yakni Kalimantan Tengahm Sumatera Selatan dan Riau.

Baca Juga: Soal Karhutla, Mengapa Polisi Seolah 'Tumpul ke Atas dan Tajam ke Bawah', Polisi: Oh, Tidak Begitu

 

Untuk melakukan penanganan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB, Kementerin Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan pemerintah daerah setempat.

 

"Khususnya untuk BRG tahun ini, perintah perpres itu kan memulai pekerjaannya di tiga Provinsi Kalteng, Sumatera Selatan dan Riau," imbuhnya.

 

Mirna memastikan saat ini kawasan pembinaan BRG sudah ditangani, misalnya di Kabupaten Kepulauan Meranti. "Kami diminta khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, tidak banyak yang terbakar, sementara di Kabupaten Kampar, Bengkalis dan Rakan Hilir. Kami berkoordinasi dengan KLHK, BNPB dan pemda," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline