Aktual, Independen dan Terpercaya

Peran Ikonik Singapore Girl di Maskapai Singapore Airlines

Penerbangan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - Singapore Airlines (SIA) merupakan maskapai pemerintah Singapura memiliki tiga anak perusahaan di tiga segmen pelayanan. Segmen penerbangan komersil ditangani oleh SiklAir, sementara layanan kargo berada di bawah kendara Singapore Airlines Cargo.

 

Untuk memberikan pelayanan terjangkau kepada masyarakat, maskapai Singapore Airlines juga memiliki satu anak perusahaan yang fokus melayani penerbangan murah, atau Low-Cost Carrier (LCC), di bawah kendali Tiger Airways.

 

Untuk masalah booking tiketnya, Singapore Airlines sudah banyak bekerjasama dengan service booking, termasuk booking online Singapore Airlines Traveloka.

 

Sejarah Singkat Maskapai Singapore Airlines

Singapore Airlines memulai penerbangan pertamanya pada 1 Mei 1947. Pada awalnya, maskapai ini hanya melayani penerbangan ke Kuala lumpur, Loh, dan Penang. Singapore Airlines mulai berkembang lagi setelah Perang Dunia ke II, tahun 1955.

 

Sejak saat itu, maskapai milik pemerintah Singapura ini terus melakukan ekspansi ke negara ASEAN lainnya, termasuk Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Brunei.

 

Baca Juga: Bukan Hanya Prambanan, 5 Candi Keren di Yogyakarta Ini Membuat Anda Terpukau

 

Perubahan besar terjadi pada 1966, saat saham perusahaan ini diakuisisi pemerintah Singapura dan Malaysia serta namanya berubah menjadi Malaysia Singapore Airlines (MSA).

 

Rute penerbangan diperluas ke negara Taiwan, Jepang, dan Australia. Maskapai yang terkenal dengan excellent service-nya ini juga berekspansi ke wilayah Eropa, dan menjadi maskapai pilihan masyarakat Eropa yang ingin berkunjung ke wilayah Asia Tenggara.

 

Pada 1972, terjadi perbedaan visi dan misi antara pemerintah Singapura dan Malaysia yang berujung pada pecahnya Malaysia Singapore Airlines (MSA) menjadi Malaysia Airline system dan Singapore Airlines.

 

Kesepakan besar lain yang diambil pada saat itu adalah dialihkannya hampir sebagian besar pesawat jenis Boeing dan rute internasional ke naungan Singapura Airlines (SIA).

 

Singapore Girl sebagai Identitas Singapore Airlines (SIA)

 

Dalam beberapa tahun kemudian, perusahaan penerbangan ini sudah berhasil menyabet beberapa penghargaan internasional. Kontribusi paling besar membuat maskapai Singapore Airlines dianggap sebagai maskapai terbaik di dunia ditinjau dari segi pelayanan, terutama pramugari Singapore Airlines, terkenal dengan sebutan Singapore girl.

 

Pramugarinya dilengkapi dengan kostum khusus yakni seragam sarung kebaya dengan motif dan rancangan yang eksklusif dan menarik.

 

Singapore Airlines juga menerapkan standar ketat bagi para pramugarinya baik dari cara bersikap, cara berpakaian, cara berkomunikasi, dan gerak-gerik tubuh saat melayani penumpang.

 

Adanya Singapore Girl merupakan strategi marketing dan diferensiasi yang digunakan untuk mempertahankan kualitas pelayanan yang nyaris tak tertandingi oleh maskapai lain.

 

Dalam dunia industry jasa penerbangan, kualitas tentu menjadi hal utama, dan sangat mempengaruhi loyalitas pengguna. Sangatlah penting untuk memperoleh first impression yang baik dari pengalaman pertama pengguna layanan, oleh karena itu maskapai ini selalu mengedepankan kualitas dan performa layanannya.

 

Maskapai Singapore Airlines memiliki motto “A great Way to Fly”. Hal ini selaras dengan “Singapore Girl” yang memiliki ciri khas sebagai pramugrasi Asia yang ramah dalam pelayanan.

 

Setiap pramugari di perusahaan penerbangan ini dilatih untuk memiliki sikap peduli, hangat, lembut, elegan, dan tenang. Pramugari seperti ini tentu menambah daya tariknya di mata penumpang dan calon penumpang.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, Singapore Girl menjadi ikon Singapore Airlines yang terkenal di dunia akan kualitas dan pelayanannya. Para pramugari ini juga menjadi figure pertama di dunia komersial yang berhasil dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds, London Inggris. Hal ini menunjukkan betapa terkenal dan ikoniknya pramugari maskapai milik Negara Singapura ini.

 

Jika Anda ingin melakukan penerbangan ke luar negeri, Anda bisa mempertimbangkan maskapai Singapore Airlines untuk menemani perjalanan Anda, sehingga Anda bisa merasakan kenyamanan saat penerbangan dan merasakan layanan maskapai kelas dunia. Singapore Airlines telah berhasil mengkombinsikan efisiensi, ambisi, dan kualitas prima di setiap layanan penerbangannya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline