Pelindo Kembangkan Terminal Peti Kemas Perawang

Pelabuhan-Peti-Kemas-PT-Indah-Kiat.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Pelindo I (Persero) tengah mengembangkan Terminal Peti Kemas di Pelabuhan Perawang di Kabupaten Siak untuk menunjang ekspor komoditi di Riau.

 

“Kami tengah menghitung berapa dana investasi yang akan diajukan untuk mengembangkan kawasan Pelabuhan Peti Kemas Perawang,” kata GM Pelindo I Pekanbaru Djuhaeri, Senin 15 Agustus 2016.

 

Djuhaeri mengatakan pelabuhan yang terletak di Sungai Siak tersebut berpotensi untuk dikembangkan. Siak merupakan salah satu daerah industri di Riau yang terdapat industri pulp and paper, sawit dan CPO dan migas.

 

Pelindo I akan menambah beberapa instrument penunjang pelabuhan pengangkut peti kemas. Pelindo I akan menambah dua unit mobil crane, reach stacker, side loader dan forklift. Selain itu, Pelindo akan mengembangkan infrastruktur penunjang pelabuhan seperti jalan di sekitar pelabuhan, penimbunan tanah untuk peti kemas dan pembangunan dermaga.

Baca Juga: Rayakan HUT RI, Pelindo I dan PTPN V Jual Sembako Murah

“Penambahan instrumen dan pembangunan infrastruktur bertujuan agar bisa menangkut lebih banyak dan lebih cepat peti kemas,” kata Djuhaeri.

 

Terminal Peti Kemas Perawang sudah aktif semenjak tahun 2012 dan memilik luas areal 7 hektare. Meski tergolong kecil dan masih berada di perairan Sungai Siak, terminal tersebut mampu menampung 68.000 teus per tahun. Terminal peti kemas tersebut juga tidak lagi memakai sistem manual.

 

Sementara itu, Riau memeliki banyak pelabuhan yang dikelola oleh swasta. Namun, menurut Djuhaeri Pelindo siap menghadapi banyaknya pelabuhan dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Pelindo I mencatatkan laba Rp715 miliar di sepanjang tahun lalu

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline