Aktual, Independen dan Terpercaya


Ingin Mudik Aman dan Lancar? Ini Tipsnya

Arus-Mudik-di-SSK-II-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUCI AULYA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jelang hari raya Idul Fitri 1437 hijriah yang tinggal beberapa hari lagi, Kepolisian Daerah Riau memberikan beberapa tips dan himbauan kepada para pemudik agar selama perjalanan mudik dapat berjalan dengan lancar.

 

Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo menuturkan hal yang paling penting yang harus dilakukan sebelum mudik adalah memastikan kondisi kendaraan yang digunakan dalam keadaan aman dan layak jalan.

 

"Itu yang harus dipastikan pertama jika pemudik menggunakan kendaraan pribadi selama mudik. Pastikan juga surat kelengkapan kendaraan lengkap," ungkap Guntur, Kamis, 30 Juni 2016.

BACA JUGA: 900 Personel Polda Riau Siap Amankan Idul Fitri 1437 Hijriah

 

Kemudian sebelum meninggalkan rumah lakukan pengecekan pada kompor dan alat listrik. Pastikan tak ada alat listrik yang tersambung ketika rumah ditinggalkan.

 

Setelah memastikan kondisi rumah aman, titipkan rumah kepada tetangga dan RT atau RW setempat. Minta kepada mereka untuk sesekali mengawasi rumah anda yang kosong.

 

"Selama di perjalanan mudik, jangan memaksakan diri untuk mengemudi jika kondisi tidak sehat atau mengantuk guna menghindari lakalantas," kata Guntur.

KLIK JUGA; Polda Riau Gunakan Drone untuk Pantau Arus Mudik

 

Lanjutnya, jika mengantuk para pemudik diminta segera beristirahat terlebih dulu untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

 

"Pemudik bisa beristirahat di posko Ramadniya yang ada di sepanjang perjalanan karena kita menyediakan rest area bagi para pemudik yang hendak istirahat dan kita sediakan pemeriksaan kesehatan gratis," imbuhnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline