Aktual, Independen dan Terpercaya


Begini Ujian Yang Harus Dilalui Calon Sekda Riau

Asessment-Sekdaprov-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 19 aparatur sipil negara yang mengikuti tahapan lelang jabatan terbuka atau assasment untuk jabatan Sekdaprov Riau kini tengah menunggu pengumuman hasil seleksi Tes Kemampuan Managerial. Menurut jadwal, hasil seleksi pad tahapan tersebut akan keluar pada Rabu (18/5/2016) mendatang.

 

Kepala Badan Kepagawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau, Asrizal mengungkapkan tes tersebut bertujuan untuk menggali kemampuan kepemimpinan dan manajemen dari para calon secara individu.

 

"Tes Kemampuan Manajerial tahapannya mulai dari tes psikometri, tes tertulis, leadership group diskusi dan wawancara mendalam. Tujuannya untuk melihat semua potensi kepemimpinan yang ada pada tiap calon," kata Asrizal, Jumat (13/5/2016). (KLIK: Klaim JKK BPSJ Januari-April Rp20,325 miliar)

 

Sesuai jadwal mekanisme yang telah ditetapkan, Tes Manajerial dilaksanakan mulai tanggal 9 hingga 11 Mei lalu. Untuk bagian wawancara mendalam, para peserta assasment harus menghadapi 2 orang psikiater yang mewawancarai untuk menggali lebih dalam.

 

"Total ada 10 orang yakni 2 orang penggali dan 8 orang assesor asal Jakarta untuk menguji 19 orang peserta ini," ujar Asrizal. (BACA: SMPN 1 Kampar Optimis Raih Juara Lomba Karya Jurnalis Siswa SMP)

 

Kini Pansel masih menunggu hasil seleksi yang dilakukan sebelumnya. Namun ia juga tak bisa menjamin ketepatan waktu pada pengumumannya, pasalnya tim assesor melakukan pemeriksaan pada peserta yang jumlahnya banyak dan di luar prediksi awal.

 

Jika sesuai jadwal, hasil Tes Kemampuan Bidang dilaksanakan pada Kamis (19/5/2016), sehari setelah pengumuman seleksi kemampuan manajerial diumumkan.

 

Pada tes kompetensi bidang, nantinya ada tiga tahapan paket tes yang akan dilaksanakan. Yakni tahapan membuat karya tulis, persentasi dan wawancara di hadapan para Pansel. "Pada tanggal 23-25 Mei dilakukan tes persentasi dan wawancara oleh pansel.

 

Setelah itu akan kita akan memilih 3 orang dari peserta yang ada untuk direkomendasikan kepada gubernur," urainya.

 

Asrizal menuturkan dari gubernur nantinya akan meneruskan kepada Mendagri. "Mendagri juga akan meneruskan kepada Presiden. Lalu presiden yang akan memilih satu orang yang ditunjuk sebagai Sekdaprov Riau terpilih dari 3 kandidat yang ada," pungkasnya.

 

Jika tak ada halangan dan aral melintang, pada akhir Juni 2016 mendatang, Riau telah memiliki Sekda baru yang dipilih oleh Presiden Joko Widido. "Nanti Sekda itu akan di SK kan oleh Pal Presiden," tandasnya.