Proyek Hambalang Lanjut Atau Tidak, Presiden :Harus Hati-hati!

jokowi-pres.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen pemerintahannya menyelamatkan aset negara yang sudah menghabiskan triliunan rupiah. Hal itu ia sampaikan terkait masa depan proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang.

 

Proyek ini sempat terhenti karena kasus korupsi mencuat dan melibatkan sejumlah politisi dan pejabat di Indonesia. Beberapa waktu lalu, Presiden sempat meninjau kondisi proyek tersebut.

 

BACA JUGA : 6 Prajurit TNI Positif Narkoba

 

Dalam rapat terbatas, Rabu (30/3/2016), Jokowi menekankan akan bertindak hati-hati sebelum memutuskan langkah lanjutan dari pembangunan P3SON. Pemerintah akan mempertimbangkan masukan dari berbagai aspek. Baik audit sisi hukum, keuangan, serta teknis dan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

 

KLIK JUGA : Kalau BBM Turun Jangan Diam Saja

 

"Khususnya secara teknis mengenai stabilitas tanah harus dicek ulang kembali dan saya sudah memerintahkan Kementerian PU untuk melakukan itu. Dan saya harap bisa melaporkan untuk pemeriksaan dari sisi aspek teknisnya." kata Presiden sebagaimana dilansir dari portal resmi Sekretariat Negara.

 

Dari sisi hukum, Presiden tetap ingin mengetahui bagaimana hasil kajian terkait status hukum bangunan P3SON itu saat ini. Sementara, dari audit keuangan, Presiden meminta agar hasil audit BPK dan BPKP dipaparkan dalam rapat tersebut. 

 

Ia bertujuan, semua audit terpapar dengan jelas dan transparan. Sementara mengenai audit teknis dan amdal, Presiden ingin mengetahui Bagaimana hasil kajian geologi dari lokasi bangunan P3SON. Menurut Presiden, audit ini penting, bukan sekedar keberlangsungan pembangunannya, namun juga dari sisi keamanan penggunaan bangunannya.