Sejarah, Empat Kepala Daerah Sekaligus Dilantik Gubernur di GOR Remaja

Pemilukada-Serentak_ilustrasi.jpg
INTERNET
ILUSTRASI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gedung Gelanggang Olahraga (GOR) Remaja  di Jalan Jenderal Sudirman, kembali akan menjadi saksi sejarah pertama kali seorang gubernur melantik empat kepala daerah dan wakil kepala daerah hasil Pemilukada Serentak, 9 Desember 2015 lalu. 

 

GOR Remaja akan digunakan untuk melantik Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Dumai, Rabu (17/2/2016).

 

(Baca Juga: Inilah Tugas dan Wewenang Penjabat Bupati

 

Dipilihnya GOR Remaja sebagai tempat pelantikan karena Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah mengeluarkan SK untuk melantik keempat kepala daerah dan wakil kepala daerah. Sebelumnya, Februari 2014, pasangan Annas Maamun dan Arsyadjuliandi Rachman, juga dilantik di sini. 

 

"Kita sudah lakukan rapat dengan Biro Tata Pemerintahan dan hasilnya waktu pelantikan kepala daerah yang menang Pilkada lalu Rabu pekan depan. Ini dipastikan setelah kita dapat surat pemberitahuannya dari Mendagri kemarin sore," ujar Ahmad kepada wartawan, Kamis (11/2/2016).

 

Penjabat Bupati Bengkalis ini mengatakan, untuk pelantikan empat kepala daerah tersebut, setidaknya akan diundang 2.200 tamu. Perinciannya, Bengkalis minta 700 kursi, Inhu 600, Kepulauan Meranti 400 dan Kota Dumai 500 kursi.

 

"Jumlah ini pasti bertambah diluar undangan lain yang hadir nanti. Tapi setidaknya jumlah ini adalah perwakilan undangan dari daerah masing-masing," ujar Asisten I Setdaprov Riau itu.

 

Dengan jumlah sebanyak tersebut, Ahmad telah meminta bantuan Kepolisian dan Satpol PP guna mengamankan jalannya pelantikan baik acara dan parkir.

 

(Klik Juga: Ini Dia 7 Gubernur Bakal Dilantik Besok

 

"Antisipasi kita dengan banyaknya yang hadir tersebut kita minta pada tiap daerah ini membawa rombongannya dari daerah dengan membawa bus saja, jangan membawa kendaraan pribadi yang membuat lahan parkir menjadi penuh," harapnya.

 

Ia mengerti selama ini banyak pejabat ingin tampil terhormat dengan membawa mobil pribadi. Menurutnya itu boleh, namun akan sangat mengganggu jika jumlah mobil pribadi para pejabat tersebut malah menutupi jalanan raya.

 

"Kita tak mau akibat pelantikan itu jalanan malah menjadi macet dan masyarakat menjadi terganggu. Makanya tadi kita sydah himbau pada kepala daerah tersebut untuk memakai bus saja jika ingin berombongan," tegasnya.

 

Nantinya dalam pelantikan ini akan dihadiri oleh hampir sebagian besar pejabat daerah. "Yang jelas para Muskopimda kabupaten kota akan hadir seluruhnya juga seluruh anggota DPRD kabupaten dan kota," tandasnya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline