Aktual, Independen dan Terpercaya


Diultimatum Presiden, Danrem Sebut Tak Bisa Jamin Karhutla di Riau

Padamkan-Api-Gambut.jpg
RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRURRODZI
PASUKAN Pemadam Kebakaran yang berasal dari Dinas Pemadam Kebakaran dibantu Tentara memadamkan api yang terbakar di Rimbo Panjang, Kamis (3/9/2015).

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Nurendi, tak bisa menjamin Riau bebas dari Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) berujung asap tebal tahun 2016 ini. 

 

 

"Kita ini manusia, mana bisa kita menjamin masa depan belum terjadi. Menghadapi masalah kebakaran inilah kita tak bisa memastikan, apakah tahun ini kebakaran lahan dan hutan di daerah kita tercinta ini," ungkap Nurendi dalam sambutannya Rapat Koordinasi dengan Kepala BNPB Pusat, Willem Rampangilei, Rabu (27/1/2016). (Baca Juga: Waspada. BMKG Prediksi Kemarau Mulai Januari-Oktober 2016

 

Karena tak ada jaminan kebakaran, Nurendi mengimbau kepada seluruh para pihak menyiapkan segala sesuatu ke depannya. Baik itu dari pihak aparat hukum maupun pihak pemerintahan sendiri.

 

"Bagaimana kita menghadapi segala kemungkinan terburuk pada tahun ini harus kita persiapkan seluruhnya. Permasalahan Karhutla setiap tahun terjadi. Jangan sampai tahun ini terjadi kembali. Jaringan kerja kita ini harus kita susun dengan baik dan terintegritas," jelas Nurendi.

 

Nurendi mengatakan, potensi masalah Karhutla lebih buruk dibandingkan 2015 lalu. Pasalnya, El-Nino menurut prediksi dari BMKG akan mendera sebagian besar wilayah Indonesia pada awal bulan Februari mendatang. (Klik Juga: Betapa Kita Pontang-panting Jungkir Balik Padamkan Karhutla

 

"Menurut prediksi BMKG kan awal bulan Februari ini kan akan terjadi El-Nino di Indonesia. Dan Riau juga terkena. Kata Pak Sugarin (Kepala BMKG Pekanbaru) ini cukup lama katanya sampai akhir tahun. Makanya kita cukup khawatir kalau sampai tahun ini kebakaran lagi," tandas Nurendi.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline