Gara-gara Lebah, Pilot Garuda Pilih Balik ke Apron

Pesawat-Garuda-Indonesia.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINEGara-gara lebah, penerbangan Garuda Indonesia GA 197 dengan rute Medan-Jakarta, Selasa (5/1/2015) pukul 10.10 WIB, terpaksa harus ditunda hingga empat jam sebelum diberangkatkan kembali. 

 

Kejadian ini terjadi saat pilot Garuda melihat ada gangguan pada satu bagian mesin. Saat diperiksa, gangguan tersebut disebabkan ada lebah masuk ke lubang udara pesawat. (Baca Juga: Kecewa dengan Lion Air, Curhatan Penumpang Ini Jadi Sorotan Netizen

 

"Ada gangguan pada penerbangan GA197 di komputer electronic engine control. Berdasarkan hasil investigasi, terganggunya fungsi itu karena ada lebah masuk lubang udara atau pitot tube letaknya di luar kokpit," kata Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia, Benny Butarbutar, dikutip dari Kompas.com, Selasa malam.

 

Ia menjelaskan, gangguan tersebut diketahui saat kru kokpit melakukan prosedur keselamatan ketika pesawat dalam posisi siap lepas landas. 

 

Ketika diketahui ada satu fungsi bermasalah, pesawat diberhentikan sebelum lepas landas, dan diperiksa lebih lanjut oleh teknisi. (Klik Juga: Gelar Pesta Narkoba, Tiga Awak Maskapai Penerbangan Ini Dipecat

 

"Dengan mempertimbangkan aspek keselamatan, Garuda Indonesia memutuskan menunda penerbangan tersebut. Setelah perbaikan selama satu jam, pesawat dinyatakan siap kembali beroperasi," tutur Benny. 

 

Kasus ini merupakan pertama bagi Garuda Indonesia, lebah masuk dalam mesin pesawat hingga menunda satu penerbangan. Pitot tube merupakan alat mengukur kecepatan pesawat saat terbang secara terkomputerisasi.

 

"Ini kasus pertama. Kalau dulu, burung nabrak dan masuk mesin pesawat," ujar Benny.

 

Belum ada penjelasan mengenai penyebab lebah tersebut bisa masuk ke dalam pitot tube. Menurut Benny, kejadian itu berada di luar kendali Garuda Indonesia, dan lebih pada situasi dan kondisi bandara, dalam hal ini Bandara Kualanamu. (Lihat Juga: Phobia, Air France Daratkan Pesawat Secara Darurat

 

Pesawat GA197 kembali beroperasi dan berangkat dari Medan pada pukul 14.15 WIB. Pesawat tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada pukul 16.40 WIB dengan selamat.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline