Aktual, Independen dan Terpercaya


Selidiki Senjata Tajam Romli, Kabid Humas: Tak Ada Intervensi

Kader-HMI-Miliki-Badik.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Berkas kepemilikan senjata tajam yang dimiliki rombongan liar yang disita dari tangan para Romobongan Liar (Romli) Kongres HMI Ke-29 di Pekanbaru, dinyatakan lengkap dan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru. 

 

"Berkas keempat tersangka sudah dinyatakan lengkap dan telah dilimpahkan ke Kejaksaan," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo. (Baca Juga: (Video) Inilah Aksi Brutal Polisi Keroyok Wartawan Hingga Kepala Bocor

 

Mantan Kapolres Pelalawan ini menjelaskan, penyerahan berkas tersebut dilakukan penyidik Polda awal pekan lalu. Guntur mengatakan, jika dalam prosesnya Kejaksaan menyatakan berkas lengkap, maka Polda segera melakukan penyerahan berkas dan tersangkanya atau Tahap II.

 

"Kita tunggu apakah berkas dinyatakan lengkap atau ada perlu tambahan," jelasnya. (Klik Juga: Zuhdy Berpapasan dengan Polisi Diduga Keroyok Dirinya

 

Sementara itu, menurutnya, jika dalam tempo 14 hari kejaksaan belum memberikan jawaban, maka berkas dinyatakan lengkap, dan proses tahap II telah dapat dilakukan dengan melimpahkan berkas dan tersangka ke kejaksaan.

 

Keempat tersangka tersebut masing-masing, MA, alias A, Y alias Y, ML, AY keempatnya diamankan di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Riau, Senin 23/11/2015) lalu.

 

Guntur mengatakan, selama proses penyidikan tidak ada intervensi apapun diterima penyidik. Pihaknya menyatakan jika proses hukum tetap berlangsung sesuai aturan berlaku, tanpa pengaruh dari permintaan HMI.

 

"Dalam penyidikan tidak ada intervensi. Apakah bisa ditangguhkan atau tidak itu tergantung penyidik," tegasnya. (Lihat Juga: Kader HMI Makassar Hanya Bisa Bikin Ricuh di Kongres

 

Sebelumnya, Polda Riau menetapkan delapan tersangka dari Romli selama Kongres HMI berlangsung di Pekanbaru.Kempat tersangka selanjutnya ditangani Polresta Pekanbaru sementara empat lainnya ditangani Direktorat Kriminal Umum Polda Riau.

 

Silakan ikuti terus dinamika Kongres HMI di Pekanbaru dengan klik di sini

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline