Aktual, Independen dan Terpercaya


Pasar Wisata Pekanbaru Kurang Promosikan Produk Lokal

ganci.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Saan)

Laporan : Saan

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Siapa yang tidak tahu dengan Pasar wisata atau pasar bawah di kota Pekanbaru. Pasar ini berada di tepi Sungai Siak kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

 

Pasar Senapelan menjual berbagai kebutuhan alat-alat dapur serta kebutuhan pernak-pernik, makanan dan pakaian. Ada karamik, karpet dan bunga kertas.

 

Namun pasar wisata tampaknya kurang mempromosikan produk melayu Riau. Banyak pernak pernik justru menampilkan ikon negeri jiran Malaysia dan Singapura. bukan hanya itu, barang yang diperjual belikan pun kebanyakan produk impor. (KLIK: 4 Sektor Ekonomi Ini Menjerit Akibat Asap Riau)

 

Seperti gantungan kunci dari malaysia dan singapura, bunga kertas dari malaysia bahkan keramik dan karpet berasal dari timur tengah.

 

seorang pedagang, Ujang mengaku sebagian besar produk yang diJual bukan produk asli Riau. (BACA: Baru 50 Persen Realisasi PAD dari Pajak)

 

"Hanya sedikit yang buatan Riau. Lagi pula produk khas Riau susah ditemukan," ujarnya. Sabtu (7/11/15).

 

Banyaknya produk luar daerah dijual di pasar wisata ditanggapi beragam oleh warga. Zeddi, warga Pekanbaru tidak mempersoalkan, sebab produk asli Riau memang susah ditemukan. (LIHAT: Produksi padi di Riau Naik 6,43 persen)

 

" Gimana lagi. Seharusnya karena itu pasar wisata Riau, yang ditonjolkan produk Riau," ujar Zeddi.

 

Surya warga lainnya menyebutkan, di pasar bawah harusnya barang yang dijual menonjolkan ciri khas Riau, bukan produk impor.