Aktual, Independen dan Terpercaya


Kemenkes Bantu Logistik Korban Asap Riau

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mengirimkan batuan logistik untuk korban asap Riau melalui Pemerintah Provinsi Riau. Bantuan tersebut terdiri dari susu, air mineral, makanan ringan, makanan bayi serta obat-obatan dan alat kesehatan.

 

Bantuan tersebut diserahkan oleh Direktur Jendral Binafarmasi dan Alat Kesehatan, Mauralinda Sitanggang dan terima oleh Komandan Satgas Tanggap Darurat Bencana Asap Riau, Brigjen TNI Nurendi di Posko Satgas yang berada di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Jumat (30/10/2015). Bantuan tersebut rencananya akan disebarkan langsung menuju daerah-daerah yang ada di kabupaten dan kota lewat posko-posko kesehatan di daerah tersebut.

 

"Bantuan yang kita terima hari ini jumlahnya 1,04 ton dikirim lewat pesawat. Rencananya hari ini langsung kita distribusikan menuju daerah-daerah yang memiliki posko kesehatan yang ada di daerah," ungkap Nurendi usai menerima bantuan secara simbolis. (BACA JUGA: Posko Kesehatan di Riau Dinilai Baik)

 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril, bantuan akan dikirimkan ke seluruh kabupaten/kota di Riau kecuali Indragiri Hulu (Inhu). Pasalnya, Pemerintah Indragiri Hulu telah meminta sendiri ke Kementerian tanpa melalui pemerintah provinsi.

 

"Semua bantuan langsung kita distribusikan hari ini ke semua daerah kecuali ke Inhu. Inhu telah meminta bantuan kepada kementerian langsung, dan kementerian akan langsung mendistribusikannya ke sana tanpa melewati pemprov," Andra Sjafril.

 

Total jumlah bantuan dari Kementerian Kesehatan, kata Diungkapkan Mauralinda Sitanggang, lebih dari 5 ton. "Total bantuan yang sudah dikirim sejak Juli hingga hari ini sekitar 5,89 ton. Itu untuk Riau saja," tandas Mauralinda.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline