Pagi Ini, Sudah 10 Penerbangan Delay

Kabut-Asap-Delay.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pekanbaru kembali dilanda asap tebal. Jarak pandang yang hanya 500 meter membuat sejumlah penerbangan hari ini terpaksa tertunda (delay). Hingga pukul 11.00 WIB, setidaknya ada 10 penerbangan yang terpaksa menunda keberangkatan menuju Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II.

 

"Sebanyak 10 penerbangan terpaksa delay karena jarak pandang yang kurang dari batas normal 1000 meter," kata Tony, Airport Duty Manager SSK II Pekanbaru kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu (2/8/2015).

 

Menurutnya, delay terjadi dari Pukul 07.00 WIB pagi. Pada Pukul 09.00 WIB tadi, jarak pandang hanya 600 meter. "Hingga sekarang masih belum normal yaitu 900 meter. Ada 10 penerbangan yang tertunda keberangkatannya, namun kita belum menerima informasi bahwa ada pengalihan penerbangan," kata Tony.

 

dijelaskannya, 10 penerbangan tersebut yaitu maskapai Citilink, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Air Asia dan Batik Air. Seluruh penerbangan tersebut baru akan mendarat di SSK II hingga jarak pandang kembali normal.

 

Berdasarkan deteksi Satelit Terra dan Aqua oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau, ditemukan sebanyak 559 titik api di Sumatera. Dan 134 diantaranya terdapat di Riau, dengan Pelalawan sebagai penyumbang titik terbanyak yaitu 46 titik.

 

Selain Pelalawan, titik api lainnya yang terdeteksi di Inhil 29 titik, Inhu 21 titik, Kampar 13 titik, Kuansing 11 titik, Siak 4 titik, Bengkalis 3 titik, Rohul 3 titik, Rohil 2 titik, Dumai 1 titik dan Meranti 1 titik.

 

Dijelaskan Kepala BMKG Provinsi Riau, Sugarin, tak hanya Pekanbaru yang mengalami jarak pandang dibawah 1 kilometer, daerah lainnya pun mengalami hal yang sama, seperti Rengat sejauh 800 meter, Dumai 700 meter dan Pelalawan 400 meter.

 

"Secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau cerah berawan disertai kabut asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir tidak merata terjadi pada sore atau malam hari di Riau bagian utara," tandas Sugarin.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline