Layanan Cakupan Kesehatan Semesta Kuansing Baru di Angka 80,7 Persen

Peluncuran-aplikasi-di-kuansing.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sampai dengan awal Oktober 2022 ini angka Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan kesehatan semesta di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) baru 80,7 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin, mengatakan untuk Provinsi Riau sendiri belum ada satupun kabupaten/kota yang memenuhi capaian UHC.

"Semoga HUT tahun ini Kuansing bisa mencapai layanan kesehatan semesta atau UHC," kata Zainal Arifin saat menghadiri acara penetapan BLUD 25 Puskesmas dan peluncuran aplikasi AKU-SIGAP di pendopo rumah dinas Bupati, Senin, 3 Oktober 2022 kemarin.

Sementara Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby mengatakan, UHC kita masih di angka 80,7 persen. Maka diharapkan dalam waktu dekat UHC Kuansing bisa mencapai target 95 persen.


UHC sendiri merupakan jaminan bagi semua orang yang mempunyai akses kepada pelayanan kesehatan secara komprehensif, meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dengan mutu memadai sehingga tidak menimbulkan kesulitan finansial bagi penggunanya.

UHC katanya bukan semata tentang pembiayaan kesehatan namun mencakup semua komponen sistem kesehatan. "Uangnya ada jangan ditunda-tunda lagi," kata Suhardiman.

Suhardiman berharap apabila Kadis baru nanti dilantik maka diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan. 

"Kalau dalam waktu 6 bulan mundur maka kita ganti saja," tegasnya.