Hari Kesehatan, Pemprov Riau Pastikan Pelayanan Berstandar Nasional

Jenri-Salmon-Ginting.jpg
(Haslinda/Riau Online)

Laporan : Haslinda

RIAUONLINE, PEKANBARU- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan seminar kesehatan dengan tema "Membangun Riau Lebih Sehat di Masa Pandemi, Ayo Vaksin, Tetap Prokes Lindungi Diri dan Sehatkan Negeri" di Auditorium lantai 8, Rumah Sakit Aulia, Selasa 16 November 2021.

Seminar yang dibuka langsung oleh Asisten I Setdaprov Riau Bidang Kesejahteraan dan Kesehataan Masyarakat, Jenri Salmon Ginting, menjabarkan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemberantasan wabah pandemi Covid-19 di Provinsi Riau.

"Kami sangat mendukung kegiatan yang dihelat Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Semoga seminar ini dapat membentuk langkah-langkah konkrit untuk meyakinkan masyarakat tentang bahayanya pandemi Covid-19," ujar Jenri Salmon Ginting, Selasa 16 November 2021.

 

Dikatakan Jenri, dalam situasi pandemi seperti ini, Provinsi Riau sudah meningkatkan kemampuan dan layanan kesehatan bagi masyarakat. Semua fasilitas kesehatan dipastikan berjalan dengan memenuhi aspek legalnya.


"Kami memastikan standar untuk layanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat selalu terjaga. Hal ini dibuktikan dengan pernyataan kesediaan semua fasilitas kesehatan terutama fasilitas pelayanan kesehatan di Provinsi Riau dengan melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai standart mutu nasional," terangnya.

Lanjut Jenri, perintah juga menanggapi kasus penurunan yang sudah sampai di level 2. Hal ini dilakukan lewat upaya program vaksinasi yang semakin gencar dan melakukan 3T yakni Testing, Tracing dan Treatmen.

"Standart penurunan level itu adalah vaksinasi yang ada di Kabupaten/Kota. Jadi kalau vaksinasinya tinggi maka levelnya akan semakin menurun. Alhamdulillah pekanbaru sudah mencapai 84 persen," ungkapnya.

Sementara itu, menurut Jenri, pencapaian target dan vaksinasi seprovinsi Riau, per 30 Oktober 2021, untuk vaksinasi tahap pertama yaitu 1.778.020 orang atau berkisar 39,7%. Sedangkan pada tahap kedua sekitar 1.148.067 orang atau bekisar 25,3 % dan menyusl tahap ke tiga yaitu 22.699 orang atau bekisar 62%.

"Sedangkan 70% dari total penduduk 4.475.890. Saat ini Pekanbaru dan Dumai sudah mencapai 50% vaksinasi," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Kesehatan Provinsi Riau, Yohanes dalam laporannya mengatakan dalam rangka HKN 2021, Dinas Kesehatan Provinsi Riau memiliki beberapa rangkaian kegiatan seperti diinstruksikan oleh Menkes RI, salah satunya adalah simposium atau seminar yang digelar hari ini dalam rangka penguatan penanganan Covid-19.

 

 

"Nanti pada 20 November kita juga akan bakti sosial di SMU Negeri 2 Siak Hulu Jalan Kubang Raya dalam rangka peningkatan pelayanan spesialistik kepada masyarakat. Kegiatan itu juga sudah kita lakukan di beberapa kabupaten dan kota di Riau dan itu memang program Kementerian Kesehatan," ujar Yohanes.

"Pada 26 - 29 November kita juga akan mengadakan kegiatan bakti sosial di Rokan IV Kota tepatnya di Desa Simpang Kiri Hilir," tambahnya. (Advertorial Pemprov Riau)