Bupati Catur Minta "Jatah" PI 10 Persen Blok Rokan Secara Proporsional

H-Catur-Sugeng-Susanto4.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Bupati Kampar Catur Sugeng menyampaikan bahwa pembagian Participating Interest (PI) 10 persen untuk daerah penghasil Migas dari Blok Rokan antara Pemerintah Provinsi Riau dengan lima daerah kabupaten penghasil harus proporsional

 

Ia menyebut harus dilakukan secara proposional. Pembagian ini diharapkan juga dapat memberikan pembangunan kepada masyarakat di Kampar.

 

"Pemprov 50 persen dan yang 50 persen diberikan kepada lima kabupaten sebagai penghasil. Tentu harapannya dari 50 persen yang diberikan kepada kabupaten penghasil," kata Catur, Kamis, 09 September 2021 di Gedung Daerah Balai Serindit usai rapat bersama Gubernur Riau Syamsuar.

 

Dia melanjutkan, pembagian itu nantinya akan dilakukan secara proporsional. "Tentunya, berapa sih daerah penghasil pendapatannya. Berapa barel," imbuhnya.

 

"Itu nanti akan dihitung. Maka dari itu kita akan menunjuk lembaga independen. Berkenaan dengan ini, tadi Pak Gubernur sudah sampaikan bahwa dari Fakultas Teknik Perminyakan UIR," sambung Politisi PKB tersebut.


 

Pihaknya berharap dengan pembagian yang proporsional, maka pembangunan di Kampar bisa diberikan kepada masyarakat.

 

 

"Kita tunggu saja, intinya nanti akan dibagi secara proporsional, dan disesuaikan dengan berapa jumlah minyak perbarelnya. Tentunya harapannya terakhir juga untuk pembangunan kita. Mudah-mudahan ya kan," pungkasnya.