Pemkab Bengkalis Melibatkan Forkopimda Bahas Langkah Antisipasi Covid -19

Ketua-DPRD-Bengkalis-H-Khairul-Umam.jpg
(Riau Online)
RIAU ONLINE, BENBGKALIS - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bengkalis dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melakukan rapat lintas komisi terkait penanganan dan upaya pencegahan virus Corona atau Covid - 19 di daerah setempat, Senin 24 Maret 2020.


Rapat lintas Komisi itu juga melibatkan FORKOPIMDA beserta elemen kesehatan yang ada di lingkup Kabupaten Bengkalis dilaksanakan  di Gedung DPRD Bengkalis Jalan Antara.

Pimpinan langsung dikomandoi Ketua DPRD Bengkalis H Khairul Umam beserta anggota DPRD lainya. Dalam kesempatan itu, H Khairul Umam mengatakn bahwa permasalahan dan antisipasi terkait penanganan wabah virus corona atau covid19 adalah merupakan pekerjaan rumah (PR) bersama.  Atinya, tidak bisa ditangani oleh sebelah pihak saja.

Khairul Umam menegaskan, DPRD Kabupaten Bengkalis sangat mensuport kinerja setholder terkait penanganan kasus tersebut. Apalagi permasalahan terkait anggaran Pihak DPRD akan mempermudah penganggarannya asalkan dilaksanakan dengan teransparansi agar tidak timbul masalah.

 

"Terkait langkah langkah yang sudah di laksanakan baik itu oleh pemerintah maupun dari TNI dan POLRI sudah sangat luarbiasa. dalam upaya melaksanakan pencegahan terhadap perkembangan wabah virus corona di Kabupaten Bengkalis," kata Khairul Umam dalam sambutanya.

Seperti diketahui, lanjut H Khairul Umam, Sosialisasi sudah gencar di laksanakan secara bersama sama baik itu dari pemerintah TNI dan POLRI, penyemprotan dengan menggunakan disinfektan kesejumlah fasilitas umum baik itu rumah ibadah, perkantoran, dan sejumlah pelabuhan yang ada di wilayah bengkalis.

"Kita berharap agar masyarakat kabupaten bengkalis tetap mengikuti langkah langkah yang sudah di sosialisasikan oleh tim gugus penanganan wabah virus corona tersebut. Menjaga kebersihan, mencuci tangan, menjaga pola hidup sehat, dan tetap berada di rumah jika tidak ada keprluan yang mendesak untuk beraktifitas di luar," imbuh H Khairul Umam.

Disamping itu, H Khairul Umam mengatasnamakan DPRD Kabupaten Bengkalis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penanggulangan Covid-19 ini serta terus mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi himbauan dari Pemerintah. Semua upaya ini akan sangat tidak berarti jika tidak ada peran serta dari masyarakat. Imbauan untuk di rumah saja, hendaknya dipatuhi demi meminimalisir penyebaran covid19.

"Mari mulai mencegah penyebaran virus ini dari diri sendiri dan keluarga serta lingkungan kita. Batasi diri untuk berkumpul dan keluar rumah jika memang tidak ada keperluan yang mendesak. Biarlah anak - anak kita menangis karena dilarang keluar rumah, daripada kita yang menangis karena terpapar virus ini dan menjadi korban. Tak dapat dibayangkan jika bagian dari keluarga kita menjadi penambah statistik korban meninggal, dan kita tak mampu mengantarkan ke peristirahatan terakhir dengan selayaknya," tutur H Khairul Umam.

Terkait anggaran, tambah H Khairul Umam menegaskan saat ini DPRD Bengkalis melanjutkan rapat pimpinan membahas tindak lanjut dari rapat sebelumnya. Mengingat hal ini sudah mengkhawatirkan, dan juga sesuai dengan instruksi presiden No. 4 tahun 2020 dan turunannya Permendagri dan Permenkeu, maka perubahan anggaran akan dilakukan secepatnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, di antaranya PLH Bupati Bengkalis, H Bustami HY, Kapolres bengkalis, Dandim 0303 bengkalis, Kepala Imigrasi bengkalis, Kepala Dinas Pelabuhan bengkalis, Bea dan Cukai bengkalis, Syahbandar bengkalis, Ketua IDI bengkalis, Pernakes bengkalis, Ketua IBI bengkalis, Ketua PMI bengkalis, Ketua IAAI bengkalis, dan beberapa instansi pemerintah daerah yang terkait.

Sementara, Plh Bupati Bengkalis H. Bustami, HY menyampaikam Pemkab Bengkalis telah melakukan himbauan terhadap kewaspadaan Covid-19 kepada masyarakat melalui surat edaran Bupati Bengkalis, kemudian membuat baliho di tempat-tempat strategis. selanjutnya menimbauan kepada masyarakat untuk melakukan penanggulangan terutama melakukan pola hidup sehat,

"Himbauan juga untuk tetap di rumah dan lainnya untuk memutus mata rantai virus tersebut. Penyuluhan dilakukan oleh tenaga kesehatan dan TNI Polri serta tokoh masyarakat juga berperan aktif dalam mensosialisasikan bahaya Covid-19," terang H Bustami HY.

Dalam penanggulangan ini telah dibuat rencana kerja. Jika seandainya virus berkembang di Kabupaten Bengkalis maka telah disediakan tempat isolasi (Balai Diklat yang sudah berfungsi sejak semalam sebagai tempat karantina, Wisma Atlit yang sedang dibersihkan, RSUD Bengkalis ada 5 tempat tidur dan RSUD Mandau ada 4 tempat tidur.

"Jika memang dibutuhkan RSUD Mandau telah menyiapkan satu lantai (Lantai 4) untuk isolasi. Saat ini di Duri Kecamatan Mandau baik PDP maupun ODP berjumlah 0, tetapi harus dimaklumi bahwa Duri adalah jalan lintas yang bisa jadi menjadi tempat persinggahan orang-orang dari daerah lain," pungkas Bustami HY (adv/Humas DPRD Bengkalis)