Upaya BI Tingkatkan Kualitas Tim Pengendali Inflasi Daerah

tpid.jpg
(hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam upaya mendorong peningkatan kualitas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Bank Indonesia Perwakilan Riau menggelar Capacity Building Tata Cara Pelaporan untuk semua TPID se-Provinsi Riau.

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kanwil BI Riau Decymus, menghadirkan narasumber dari Kantor Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Jakarta.

Decymys menyampaikan, pihaknya menginginkan adanya peningkatan kualitas kinerja TPID kedepannya. Untuk itu, TPID setidaknya harus dibekali tiga aspek guna menunjang kinerjanya.

Aspek yang pertama adalah aspek proses, dimana aspek ini mencerminkan langkah atau upaya dalam pengendalian inflasi daerah dan hal-hal terkait yang sifatnya administratif.

Kemudian, ada aspek output yang mencakup program unggulan TPID dan yang terakhir aspek outcome (realisasi dan volatilitas inflasi) yang mencerminkan hasil dari upaya daerah dalam melakukan koordinasi pengendalian inflasi.

"Dari ketiga asesmen tersebut, aspek proses menjadi salah satu aspek yang perlu didorong TPID Riau," kata Decymus, Rabu, 4 Desember 2019.

Oleh sebab itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau menginisiasi pelaksanaan Capacity Building ini agar kualitas tata cara pelaporan kinerja TPID Riau ke depannya menjadi lebih baik lagi.

Capacity Building ini disampaikan oleh Puji Gunawan selaku Kepala Bidang Moneter Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Dalam paparannya, Puji menyampaikan kriteria evaluasi kinerja TPID, evaluasi kinerja TPID Se-Riau 2018, cakupan isi laporan rutin triwulanan TPID, simulasi tata cara pelaporan serta aspek dan komponen laporan yang masih perlu ditingkatkan dan dilakukan perbaikan agar dapat menghasilkan laporan yang komprehensif.

Para peserta juga didorong untuk melaporkan kegiatan yang dilakukan dengan dengan tepat waktu.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau berharap agar kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal pada saat dilakukan penilaian TPID.