Aktual, Independen dan Terpercaya


Universitas Riau di Bawah Unand dan USU untuk Penelitian Perguruan Tinggi

Kerjasama-Unri-dengan-Tsukuba-Jepang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/CHEVRON)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (Kemenristekdikti), kembali mengeluarkan Klaster atau pengelompokkan Perguruan Tinggi berbasis penelitian periode tahun 2016-2018.

Hasilnya, Kemenristekdikti membuat klasterisasi pada klaster Mandiri, Madya, dan Binaan, untuk ratusan lembaga pendidkan di Indonesia.

Dari Ratusan kampus tersebut, terdapat nama-nama beken setiap tahunnya menepati posisi berbeda tergantung penelitian dilakukan.

Berdasarkan data, kampus menempati 20 besar dengan kategori Mandiri masih dikuasai kampus di Pulau jawa. Namun, Universitas Andalas, Sumatera Barat, mampu menempati posisi keempat di atas Insititut Teknologi Bandung (ITB), Airlangga dan Padjajaran.

Di urutan pertama bercokol Universitas Gadjah Mada, dikuti Insititut Pertanian Bogor dan Universitas Diponegoro di Urutan keempat.

Untuk pengelompokkan kampus di Pulau Sumatera, Universitas Andalas berada di posisi pertama, diikuti Univeristas Sumatera Utara (USU), Universitas Riau (Unri) dan Syiah Kuala.

Sedangkan untuk posisi nasional Andalas di peringkat pertama,  USU 15, Unri 16 dan Syaiah Kuala 20.

Untuk infomasi lengkaonya silahkan menunduh link inin Peringkat perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian tahun Tahun 2016 - 2018