Maju Capres Kroasia, Model Playboy Ini Janji Legalkan Prostitusi

Ava-Karabatic.jpg
(AVA KARABATIC/INSTAGRAM)

RIAU ONLINE - Mantan model Playboy Kroasia, Ava Karabatic, mengumumkan akan ikut mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Perempuan berusia 31 tahun itu mengumumkan pencalonannya dalam jajak pendapat di media sosial, Januari 2019 lalu. Ketika itu, ia menuliskan, "Saya tidak bisa lagi menonton hal-hal buruk terjadi di negara saya."

Ava Karabatic merupakan model dan aktris kerap muncul di Playboy serta sejumlah film Kroasia, termasuk The Spring of Life (2016) dan Tina & Sendy (2018).

The Sun mengabarkan, Rabu, 16 Oktober 2019, ia pernah berbicara soal sejumlah masalah politik di media sosial, menyerukan pajak lebih tinggi, juga legalisasi pekerja seks (prostitusi) demi memberikan keamanan pada perempuan terlibat dalam industri tersebut.

"Saya memutuskan mencalonkan diri sebagai presiden," tulisnya di Instagram.

"Saya telah diberi begitu banyak pesan dukungan di Instagram dan saya berterima kasih untuk itu. Politik adalah cinta kedua saya. Saya tidak bisa lagi menonton hal-hal buruk terjadi di negara saya."


"Seolah semua orang buta meskipun matanya sehat, anak-anak muda kita meninggalkan negara ini, tingkat kelahiran turun," tambahnya.

Selain legalisasi pekerjaan seks, dalam deklarasi yang dituliskan di media sosial, Karabatic juga berjanji untuk melegalkan ganja, mengatasi "masalah pergerakan orang bebas", dan mengurangi batas waktu aborsi dari sepuluh menjadi enam minggu.

Ia juga mengkritik kehadiran korupsi dalam politik Kroasia dan menyerukan reformasi sistem pendidikannya.

Para penggemarnya pun merespons pengumuman dari Karabatic dengan mengedit foto-fotonya menjadi bernuansa politik.

"Saya tahu saya akan mendapat banyak komentar cibiran karena saya seorang bintang muda, tetapi sisi intelektual saya diabaikan, di mana saya adalah seorang profesor bahasa Italia dan sastra Romawi," tulis Karabatic.

"Saya menulis autobiografi, sebuah novel, membintangi film yang telah tayang berbulan-bulan di bioskop, dan selain akting, saya juga telah menjadi pelukis. Tentu saja, kemampuan artistik saya tidak penting, rezim baru saya adalah, rezim Ava itu penting," lanjutnya.

Pemungutan suara untuk pilpres akan dibuka antara 21 Desember 2019 hingga 20 Januari 2020. Karabatic akan berhadapan dengan petahana Kolinda Grabar-Kitarovi, yang akan mencalonkan diri untuk periode kedua.

Berita ini sudah naik di suara.com, berjudul "Eks Model Playboy Jadi Calon Presiden Kroasia, Mau Legalkan Prostitusi"