Gubernur dan Kapolda Riau Jadi Pembicara Seminar Digelar RiauOnline

Seminar-RiauOnline.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, dan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, akan menjadi pembicara utama dalam acara dihelat RIAUONLINE.CO.ID, bertemakan "Mengenal Tools Google untuk Filter Informasi dan Hoaks di Era Disrupsi", Selasa, 15 Oktober 2019, mulai pukul 09.00-12.30 WIB, di The Zuri Hotel, Pekanbaru. 

Pemimpin Redaksi RIAUONLINE.CO.ID, Fakhrur Rodzi mengatakan, seminar kali ini merupakan lanjutan Seri Seminar setiap tahun diselenggarakan guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) media siber menjadi pendiri Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) ini. 

"Tahun ini, kita akan mengangkat tema mengenal alat-alat atau tools Google untuk mengecek, apakah informasi beredar tersebut bukan hoaks atau fitnah. Sebelum mengenal itu semua, kegiatan ini diawali dengan Seminar dengan pembicara utama Pak Gubernur dan Kapolda Riau," ungkap Fakhrur Rodzi, Senin, 14 Oktober 2019. 

Hingga hari ini, tutur Ketua Panitia Ainur Rafiq, sudah mendaftar sebanyak 150 orang untuk mengikuti seminar esok hari. Sedangkan untuk Workshop sudah mendaftar 42 peserta. 


"Jumlah tersebut jauh dari perkiraan kami. Alhamdulillah, ini bukti acara kami gelar benar-benar disambut antusias oleh masyarakat Riau. Kami semula menargetkan hanya 100 orang peserta untuk seminar, sedangkan workshop 30 orang saja," kata Ainur Rafiq didampingi Sekretaris Panitia Imelda Vinolis. 

Acara Seminar dengan tema "Mengenal Tolls Google untuk Filter Informasi dan Hoaks di Era Disrupsi", Gubernur Riau, Syamsuar akan membawa materi, "Hoaks dan Ancaman Persatuan Kesatuan di Riau". Sedangkan Kapolda Riau, tutur Imelda, Irjen Pol Agung Setya, mengupas "Ancaman Hoaks dan Penegakkan Hukum".  

Selain kedua pembicara utama tersebut, juga ada dari Ketua Umum Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Septiaji Eko Nugroho membawa materi "Trend Produksi Konten Hoaks dan Cara Mendeteksinya".

Kemudian ada Ketua Departemen Komunikasi SKK Migas Sumbagut, Evi Yanti, memaparkan "Teknologi Terkini di Sektor Hulu Migas dan Diskontering Informasi", serta CEO RIAUONLINE.CO.ID, Fakhrur Rodzi, mengupas "Konten Hoaks dan Misinformasi di Kasus Lokal, Riau". 

"Untuk moderatornya, kita meminta kepada Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru, Firman Agus, guna memandu seminar ini biar sukses," pungkas Imelda. 

Seminar ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Riau, Polda Riau, SKK Migas, EMP Bentu, Chevron, APRIL, Chevron, Bank Riau Kepri, Asian Agri, PSMTI, PT SRL, dan Indah Kiat.