5 Cara Mendorong Anak Makan Sehat

Anak-TK-Panen-Sayur.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAUONLINE - Bagi sebagian ibu-ibu tentunya gusar melihat menghadapi anak yang susah makan, apalagi bila diajak makan sayur. Sebenarnya, ada banyak cara ampuh mendorong anak bisa makan tanpa harus marah-marah kepada anak. Ada banyak cara mendidik anak untuk makan sehat, caranya pun tak sulit.

Dilansir dari situs Web MD, menciptakan lingkungan di mana anak-anak dapat membuat pilihan nutrisi yang sehat adalah salah satu langkah paling penting yang dapat Anda ambil untuk memastikan kesehatan anak di masa depan. Dan yang paling penting, anak akan terbiasa mengonsumsi makanan sehat tanpa Anda harus marah-marah atau menyembunyikannya di dalam makanan lain. Begini caranya:

1. Hindari membatasi makanan.
Membatasi makanan meningkatkan risiko anak mengalami gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia, di kemudian hari. Ini juga dapat memberi efek negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Alih-alih melarang makanan, bicaralah tentang semua pilihan nutrisi yang sehat, dan kemudian dorong anak untuk memilih buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan ikan. Katakan bahwa makanan itu jauh lebih menyehatkan daripada fried chicken, burger nugget, dan sosis.

2. Stok makanan sehat.
Anak-anak akan makan yang disediakan di rumah. Jadi, simpan buah di dalam mangkuk dan taruh di atas meja, jangan hanya didiamkan saja di bagian bawah rak kulkas dan berharap anak akan mengambil dan memakannya.



3. Jangan memberi label makanan sebagai baik atau buruk
Sebaliknya, Anda bisa kaitkan makanan dengan hal-hal yang dipedulikan anak, seperti olahraga atau berprestasi di sekolah. Biarkan anak tahu bahwa protein di ikan dan kalsium dalam produk susu memberi mereka tenaga untuk olahraga. Sedangkan antioksidan dalam buah dan sayuran akan membuat kulit dan rambut berkilau.

4. Pujilah saat anak memilih makanan sehat
Berikan senyum bangga dan pujian kepada anak ketika mereka memilih makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, atau susu.

5. Jangan mengomel ketika anak memilih makanan tidak sehat
Ketika anak-anak memilih makanan berlemak, gorengan, dan tidak sehat, arahkan mereka dengan menyarankan pilihan yang lebih sehat. Tak perlu ngomel atau marah-marah. Anda cukup menawarkan keripik tortilla sebagai pengganti keripik kentang, atau tawarkan stroberi celup cokelat ketika anak minta permen.

6. Jangan pernah menggunakan makanan sebagai hadiah
Makanan kerap diimingi-imingi sebagai hadiah untuk anak. Ini bisa membuat masalah berat badan di kemudian hari. Sebagai gantinya, hadiahi anak-anak dengan sesuatu yang menyenangkan, misalnya jalan-jalan ke taman atau bermain di playground.


7. Makan malam bersama keluarga di malam hari
Jika ini bukan tradisi di rumah Anda, jadikan itu sebagai tradisi mulai sekarang. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang makan malam di meja bersama orang tuanya memiliki nutrisi yang lebih baik, dan kecil kemungkinannya mengalami masalah serius saat remaja.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Ini Cara Membiasakan Anak Makan Sehat